Categories

Internet

Microsoft Umumkan Sistem Operasi Teranyar Bernama Windows 10

Bambang Winarso - 1 October 2014

30 September 2014 tampaknya akan menjadi hari bersejarah yang akan diingat oleh seluruh dunia. Karena pada hari itu Microsoft secara mengejutkan melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan dan hampir tidak diduga oleh siapapun. Alih-alih mengumumkan Windows 9, Microsoft justru membuat kejutan dengan memperkenalkan sistem operasi terbaru dengan nama Windows 10.

Dikenal dengan codenameThreshold, Windows 10 resmi menjadi generasi penerus sistem operasi Windows melanjutkan tongkat estafet yang dipegang oleh Windows 8.1.

Pemilihan nama Windows 10, bukannya Windows 9, memang merupakan kejutan besar dan sontak mendapatkan reaksi beragam, tak sedikit yang merasa aneh karena sebagaimana urutan angka seharusnya nama yang tepat untuk meneruskan Windows 8.1 adalah Windows 9.

 

 

Info Menarik: Segera Mainkan Pokémon Trading Card Game di iPad Gratis

 

 

Microsoft memperkenalkan sistem operasi terbarunya tersebut dalam sebuah event yang bertempat di San Fransisco. Terry Myerson selaku wakil presiden eksekutif sistem operasi Microsoft hadir langsung dan memperkenalkan Windows 10 kepada para audiens.

Menurutnya Myerson, sistem operasi ini tidak pas jika disebut Windows 9. Ia juga menuturkan bahwa tim sempat akan menamai dengan Windows One namun berhubung Windows 1 sudah dirilis maka muncullah ide untuk memilih nama Windows 10.

Myerson juga mengatakan bahwa Windows 10 nantinya dapat bekerja di semua tipe perangka,  mulai dari komputer, tablet dan ponsel. Myerson menyebutnya dengan istilah “One product family. One platform. One store.”

Setiap pengguna di platform masing-masing akan merasakan pengalaman yang berbeda, namun semua perangkat dapat mengakses aplikasi, konten dan layanan dari satu toko. Windows 10 diklaim oleh Myerson mampu menghantarkan pengalaman yang tepat untuk perangkat yang tepat di waktu yang tepat pula.

Start Menu is Back!

Lenyapnya Start Menu bisa dikatakan menjadi alasan mengapa Windows 8 kurang mengigit layaknya Windows XP atau 7. Di berbagai laporan dan riset konsumen menginginkan agar fitur tersebut dihidupkan kembali. Dan ini adalah waktunya bagi Start Menu untuk bangkit dari kematian sebagaimana dijanjikan oleh Microsoft dalam beberapa kesempatan.

Tak hanya bereinkarnasi, Start Menu juga didesain dengan tampilan yang lebih modern, selain itu dilengkapi juga dengan ruang kosong yang dapat diisi dengan aplikasi favorit dan juga Live Tiles yang menjadi ciri khas Windows 8.

Perpaduan dua generasi sistem operasi ini merupakan hal baru, bisa jadi ada yang menantikan pembaruan seperti ini, bisa juga ada yang tidak suka. Namun setidaknya, Start Menu sudah kembali.

 

 

Info Menarik: Seperti Inilah Rasanya Bermain Mario Kart Dengan Oculus Rift

 

 

Snap Assist

Fitur Snap Assist di Windows 10 memudahkan pengguna untuk menyusun lebih dari 4 jendela aplikasi dalam satu layar yang sama. Atau pengguna dapat pula memasang jendela ke dalam layar dan tile window baru.

Fitur lainnya yang masih berkaitan dengan jendela aplikasi adalah, di Windows 10 aplikasi dari Windows Store dibuka dengan format yang sama persis dengan aplikasi desktop, ukuran dan posisi bisa diubah sesuai kebutuhan dan juga memperoleh bar title untuk mempermudah mengganti orientasi ukuran layar atau menutup aplikasi.

Command Prompt Mendukung Keyboard Shortcut

Bila Anda kerap menggunakan tool Command Prompt, Anda boleh berjingkrak gembira sebab di Windows 10 tool ini sepenuhnya mendukung keyboard shortcut. Yang artinya Anda dapat menyalin deretan kode perintah ke dalam jendela Command Prompt yang mana hal ini tidaklah mungkin dilakukan di sistem operasi Windows sebelumnya.

 

 

Info Menarik: HP Stream Windows, Laptop Penantang Chromebook Dengan Warna Ceria

 

 

Desain Task View Baru

Cara kerja task view di Window 10 tampaknya tidak jauh berbeda dengan versi Windows sebelumnya, namun Microsoft memastikan rancangan task view di Windows 10 lebih membantu pengguna untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi atau jendela lainnya.

Membawa predikat sebagai sistem operasi terbaru, wajar bila Windows 10 dibebani oleh banyak ekspektasi akan kesempurnaan. Selain dari beberapa fitur di atas, sangat mungkin Microsoft punya banyak hal baru yang disisipkan di Windows 10, termasuk untuk menjangkau sektor bisnis dan korporat.

Menurut rencana, Windows 10 akan dirilis ke publik pada pertengahan tahun 2015 mendatang.

Sumber berita TheNextWeb dan Windows. Foto pertama dari TheNextWeb

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter