Categories

Misc

Microsoft Umumkan Windows 10 Creators Update, Bisa Didapat Gratis Mulai Awal Tahun Depan

Permudah proses kreasi 3D dan komunikasi antar pengguna Windows 10, plus kemudahan live stream sesi gaming

Glenn Kaonang - 27 October 2016

Ada filosofi tersendiri di balik lahirnya AIO perdana Microsoft, Surface Studio: Microsoft percaya bahwa semua orang bisa berkarya, dan teknologi dapat membantu mewujudkan peran mereka sebagai kreator. Untuk mengimbangi hardware baru tersebut, Microsoft telah menyiapkan update Windows 10 yang berfokus pada kemudahan berkreasi.

Didapuk Windows 10 Creators Update, update ini menghadirkan sederet fitur baru yang cukup menarik. Yang pertama berkaitan dengan proses kreasi objek tiga dimensi, yakni melalui aplikasi baru bernama Paint 3D, yang sempat beredar bocorannya beberapa saat lalu.

Microsoft sejatinya memproyeksikan versi baru MS Paint ini sebagai studio 3D para kreator. Guna memperkuat visi tersebut, mereka juga memperkenalkan Remix3D.com, sebuah komunitas online dimana pengguna bisa saling berbagi kreasi 3D-nya. Pengguna bahkan diberi kemudahan untuk menyambungkan 3D printer dan mencetak karya-karya favoritnya secara langsung.

Browser Microsoft Edge pun juga dibekali dengan dukungan 3D secara penuh, sehingga pengguna perangkat HoloLens dapat memaksimalkan kapabilitas yang ditawarkan konsep mixed reality. Salah satu contohnya, pengguna bisa melihat previewfurniture langsung di hadapannya di dalam rumah sebelum membelinya secara online.

Yang kedua adalah fitur bertajuk MyPeople, yang pada dasarnya memungkinkan pengguna Windows 10 untuk saling berkomunikasi satu sama lain via beberapa medium sekaligus; bisa video call, email atau sekadar pesan instan.

Jadi dalam Windows 10 Creators Update nanti, Anda akan menjumpai deretan icon bergambar foto kontak penting Anda di sisi kanan taskbar. Dari situ Anda bisa berinteraksi dengan masing-masing kontak tanpa perlu membuka aplikasi lain; bahkan drag-and-drop foto maupun video pun juga dimungkinkan.

Tampilan fitur MyPeople dalam Windows 10 Creators Update / Microsoft

Terakhir, Microsoft tidak melupakan aspek yang paling dikenal dari Windows, yaitu gaming. Lewat Creators Update, Microsoft ingin semua gamer bisa menjadi broadcaster lewat integrasi layanan live streaming interaktif Beam yang telah diakuisisi Microsoft bulan Agustus lalu.

Tentu saja masih ada sejumlah pembaruan dan penyempurnaan lain, tapi tiga ini adalah yang paling diutamakan. Windows 10 Creators Update akan dirilis pada awal tahun 2017, dan semua pengguna Windows 10 bisa mendapatkannya tanpa dipungut biaya.

Sumber: Microsoft dan Windows Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter