4 March 2015

by Glenn Kaonang

Microsoft Universal Foldable Keyboard, Bisa Dilipat dan Kompatibel dengan Hampir Semua Perangkat Mobile

Nama Microsoft memang identik dengan platform Windows, akan tetapi perusahaan yang bermarkas di kota Redmond di AS ini juga sudah lama berkiprah di bisnis periferal. Tablet besutannya sendiri, Surface, juga mengandalkan periferal Touch Cover maupun Type Cover sebagai salah satu nilai jual utamanya.

Kini hampir semua perangkat mobile buatan pabrikan lain bisa merasakan periferal berkualitas dari salah satu produsen software terbesar tersebut. Microsoft Universal Foldable Keyboard memang dirancang untuk bisa digunakan bersama smartphone atau tablet dari berbagai platform, baik itu Android, iOS maupun Windows sendiri.

Yang tidak kalah menarik adalah bagaimana Microsoft berhasil menyuguhkan desain keyboard yang begitu ringkas, tanpa melupakan aspek kenyamanan mengetik. Sesuai namanya, Microsoft Universal Foldable Keyboard dapat dilipat ketika sedang tidak digunakan, menggunakan magnet sebagai mekanisme pengunciannya.

Saat dibuka, Anda akan disambut dengan tombol-tombol keyboard berukuran penuh, setara milik laptop. Keyboard ini juga menyediakan berbagai tombol yang memang dikhususkan untuk mengakses fungsi perangkat mobile, seperti tombol pengontrol media, home, search maupun tombol Command dan Option untuk perangkat iOS. Hebatnya, Microsoft berhasil mengemas semua itu hanya dengan ketebalan sekitar 5,7 mm.

Info menarik: TextBlade Adalah Aksesori Keyboard dengan Teknologi MultiTouch

Keunggulan lain Microsoft Universal Foldable Keyboard adalah kemampuannya untuk bisa disambungkan dengan dua perangkat sekaligus – berganti perangkat hanya memerlukan satu sentuhan saja.

Saat tidak digunakan, pengguna hanya perlu melipatnya dan keyboard ini akan mati secara otomatis – buka kembali maka ia akan menyala dengan sendirinya. Baterainya diklaim bisa bertahan hingga tiga bulan dalam satu kali chargeviaport micro USB yang tertanam di sisi sampingnya.

Lalu apa saja perangkat yang kompatibel? Yang pertama, pastikan dulu bahwa perangkat Anda sudah mengemas chip Bluetooth 4.0 agar bisa disambungkan dengan keyboard ini. Kedua, sistem operasi minimum yang dibutuhkan adalah Android 4.3, iOS 7, Windows Phone 8.1 Update 2 dan Windows 8. Syarat ketiga memang opsional, tapi ada baiknya Anda menyiapkan stand untuk smartphone atau tablet Anda agar kegiatan mengetik bisa berlangsung dengan nyaman.

Microsoft rencananya akan melepas produk ini ke pasaran mulai bulan Juli dengan harga $100 per unitnya. Tidak seperti Type Cover milik Microsoft Surface yang warna-warni, keyboard ini hanya ditawarkan dalam warna hitam saja.

Via: Gizmodo.