Categories

Internet

Microsoft Word Kini Bisa Buatkan Transkrip Audio Secara Otomatis

Sudah tersedia di Word versi web bagi para pelanggan Microsoft 365

Glenn Kaonang - 26 August 2020

Tahun demi tahun, Microsoft terus konsisten menambahkan berbagai fitur pintar berbasis AI ke salah satu produk terlarisnya di samping Windows, yaitu Microsoft Word. Kali ini, Word kedatangan fitur Transcribe pada versi web-nya yang diperuntukkan bagi pelanggan Microsoft 365.

Fitur Transcribe ini benar-benar sangat cerdas dan mudah sekali digunakan. Keunggulan yang paling utama adalah bagaimana transkrip audio dari dua atau lebih pembicara akan dibedakan secara otomatis, dan tiap-tiap potongan transkrip akan dilabeli waktu (timestamp) supaya audionya mudah untuk ditinjau kembali.

Selesai dibuatkan transkripnya, pengguna punya opsi untuk menambahkan seluruhnya ke dalam dokumen, atau sepotong-sepotong saja sebagai quote dengan mengklim tombol “+” di sebelah setiap potongan transkrip. Bisa dibayangkan betapa bermanfaatnya fitur ini buat para reporter yang rutin mewawancarai narasumber, atau murid yang merekam materi pembelajaran, maupun profesi-profesi lainnya yang kerap berkutat dengan rekaman audio beserta transkripnya.

via Gfycat

Selain merekam audionya secara langsung, pengguna juga bisa mengunggah rekaman audio yang sudah ada dalam format .mp3, .mp4, .m4a, maupun .wav. Microsoft tidak membatasi berapa lama pengguna bisa merekam audio sekaligus dibuatkan transkripnya, sedangkan untuk rekaman audio yang diunggah, ada batas durasi lima jam per bulan, dan besar tiap file juga tidak boleh lebih dari 200 MB.

Tanpa harus terkejut, fitur ini untuk sementara baru bisa dipakai untuk audio yang berbahasa Inggris. Dukungan bahasa lainnya bakal menyusul meski tidak diketahui kapan. Namun kita mungkin tidak perlu kaget seandainya di masa yang akan datang fitur ini malah bisa membuatkan transkrip sekaligus menerjemahkannya ke bahasa lain, seiring dengan terus bertambah pintarnya platform AI yang Microsoft kembangkan.

Apabila Anda sudah berlangganan Microsoft 365, fitur Transcribe ini sekarang sudah bisa diakses pada Word versi web, baik melalui browser Chrome maupun Microsoft Edge versi terbaru (yang sudah berbasis Chromium tentu saja).

Sumber: Microsoft.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter