1. DScovery

Microsoft Word: Sejarah, Pengertian, dan Fungsinya

MS Word menunjukkan berhasil menjadi perangkat lunak pengolah kata terbaik bahkan hingga kini

Menurut Techwalla, Microsoft Word adalah program pengolah kata yang memiliki tujuan untuk membuat dokumen teks yang dapat disimpan secara elektronik, dicetak di kertas, atau disimpan dalam format PDF.

Microsoft Word sendiri sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, sejak di bangku sekolah pasti setiap pelajar akan diajari untuk menggunakan program pengolah kata yang satu ini.

Mempelajari Microsoft Word memang perlu dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, program yang satu ini akan sangat memudahkan pekerjaan atau pembuatan tugas yang berhubungan dengan pengolahan kata.

Sejarah Microsoft Word

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft. Pertama kali diperkenalkan pada 25 Oktober 1983, nama pertamanya adalah Multi-Tool Word. Ketika itu baru dapat digunakan pada sistem Xenix.

Seiring berkembangnya teknologi, Multi-Tool Word juga mulai digunakan untuk sejumlah platform sistem lainnya seperti komputer IBM, Apple Macintosh, komuter AT&T Unix, Atari ST OS/2, SCO Unix dan macOS. Penggunaannya pada Microsoft Windows sendiri baru terjadi pada tahun 1989.

More Coverage:

Cara Cetak Pas Foto 3x4 di Word dan Photoshop

Seiring berjalannya waktu, Multi-Tool Word kemudian disederhanakan namanya menjadi Microsoft Word. Tak seperti kebanyakan program MS-DOS lainnya saat itu, Microsoft Word didesain digunakan dengan mouse. Kemampuannya saat itu baru sebatas melakukan undo, display teks bold, italic, dan underline.

Kemudian, Word dengan cepat mengalahkan perangkat lunak pengolah kata lainnya yaitu WordStar karena tampilannya yang sangat berbeda. Microsoft terus menyempurnakan Word dengan merilis versi 2.0 hingga 5.0 hanya dalam kurun waktu enam tahun.

Pada tahun 1985, Word untuk perangkat macOS dirilis. Sejak perilisannya tersebut, penjualan macOS lebih tinggi dibandingkan ketika menggunakan perangkat MS-DOS selama empat tahun lamanya.

Menjadi yang Terbaik

Rilis kedua  macOS dirilis pada tahun 1987 dengan nama Word 3.0. Versi ini dibuat untuk sinkronisasi antara pengguna macOS dan DOS. Ini adalah pertama kalinya pengguna macOS yang menggunakan DOS dapat berbagi file Word.

Word 3.0 menyertakan banyak peningkatan dan fitur baru, termasuk implementasi pertama Rich Text Format (RTF). Sayangnya, implementasi RTF ini penuh dengan bug. Namun, beberapa bulan kemudian, Microsoft merilis versi 3.01 dengan perbaikan bug. Versi 3.01 dikirimkan gratis ke pengguna Word 3.0 yang terdaftar.

Pada pertengahan 90an, posisi Word di perangkat macOS tidak memiliki saingan berarti. MS Word 5.1 yang dirilis tahun 1992 sangat populer karena tampilannya yang elegan dengan berbagai kemudahan fitur yang berguna. Banyak penggunanya mengatakan MS Word 5.1 adalah versi terbaik yang pernah dibuat Microsoft.

More Coverage:

Cara Membuat Bingkai atau Frame di Microsoft Word

Versi pertama Word untuk Microsoft Windows dirilis tahun 1989. Bersamaan dengan keluarnya Windows 3.0 di tahun berikutnya, pernjualan Word meningkat drastis. Microsoft lalu menjadi penguasa pasar perangkat lunak untuk pengolah kata untuk komputer IBM.

Di tahun 1997, Microsoft membentuk Macintosh Business Unit, sebuah grup independen di dalam perusahaan Microsoft yang fokusnya adalah mengerjakan software yang ingin dirilis di perangkat Mac OS. Versi Word pertama yang berhasil ditelurkan oleh grup ini adalah Word 98.

Fungsi Microsoft Word secara Umum

Pembuatan dan Pengeditan Dokumen

Salah satu fungsi utama MS Word adalah pembuatan dan pengeditan dokumen. Pengguna bisa mengetik kata, menjadi kalimat bahkan paragraf. Jika ada kesalahan, kamu cukup menekan Backspace  di keyboard untuk menghapus kata yang salah.

Kamu dapat melakukan pengeditan, memperbaiki ejaan, hingga memasukkan gambar pendukung. Template yang disediakan juga mempermudah pembuatan berbagai dokumen.

Memformat dan Menyimpan Dokumen

Ada banyak fungsi yang tersedia untuk memformat teks dalam dokumen. Misalnya, bold, italic, atau underline. Kamu juga dapat dengan mudah membuat format untuk membuat header, footer, dan penomoran.

Program ini juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen ke hard drive komputer. Ini membuatnya lebih mudah untuk diakses di masa depan.

Mencetak Dokumen

Dokumen tugas kantor atau sekolah juga lebih mudah dicetak dengan program ini. Bahkan, Microsoft Word memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa opsi untuk mencetak dokumen. Misalnya, pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak atau pilih jumlah dokumen yang akan dicetak.

Alat Kolaborasi

More Coverage:

Cara Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word

Berkat kekuatan Microsoft 365, fitur lain dari Microsoft Word adalah alat kolaborasi. Gunakan Microsoft Word Online atau Microsoft 365 Word untuk mengerjakan dokumen dan proyek bersama rekan kerja secara real time.

Ini karena program ini merupakan aplikasi berbasis cloud yang memungkinkan kamu untuk mengedit, menyimpan, dan berbagi dokumen secara langsung dengan orang lain.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again