27 August 2013

by Yoga Wisesa

Microsoft Xbox One Putih Untuk Individu Spesial?

Ada istilah yang cukup populer baru-baru ini: “white is the new black”, saya tidak tahu orang jenius mana yang menciptakan kalimat di atas, tapi tampaknya warna putih mendapatkan kepopularitasannya kembali di era tablet dan handheld. Microsoft tidak mau kalah, mereka mengumumkan Xbox One eksklusif edisi terbatas dibalut material putih.

Menurut saya sendiri, tidak ada tingkat herarki dan eksklusifitas dalam warna. Putih tidak lebih baik dari hitam, merah tidak lebih menarik dari kuning, semua tergantung dari perspektif individu masing-masing. Namun Microsoft memilki pendapat yang berbeda, seorang pengguna Reddit baru-baru ini mem-posting sebuah foto Xbox One berwarna putih dan aksen perak, dan unit ini hanya akan tersedia untuk ‘orang-orang’ yang beruntung.

Seperti yang dituliskan oleh TechRadar, sang user Reddit – Kinect10DLL – mengaku bahwa salah satu rekan dan orang-orang yang bekerja untuk Microsoft akan mendapatkan Xbox One edisi spesial. Selain unit console utama, ia juga tersaji dengan controller berwarna putih dan Kinect kombinasi hitam putih. Dari informasi yang ia bubuhkan pada gambar, edisi spesial ini dibundel bersama paket Xbox Live selama satu tahun, seluruh game eksklusif “1P Games” tanpa dikenakan biaya tambahan. Sayangnya belum ada informasi apapun tentang game-game apa saja yang akan didapat dan apa maksud 1P Games tersebut – one-player games?

Satu hal yang paling menonjol, jika Anda melihat dengan lebih seksama, di bagian depan terdapat tulisan ‘I made this’ – atau ‘saya yang membuatnya’. Hal tersebut memastikan bahwa unit ini tidak akan dijual untuk umum. Tapi saya juga berasumsi Microsoft suatu saat pasti akan merilis versi putih Xbox One, tentu tanpa tulisan ‘I made this’ dengan harga sedikit lebih tinggi dibanding versi standar.

Saat TechRadar mencoba mengkonfirmasi berita ini dengan Microsoft, mereka hanya mendapatkan jawaban, “Kami tidak bisa memberikan komentar apa-apa soal ini.” Tapi saya cukup suka dengan cara Microsoft memperlakukan karyawannya – yang telah bersusah payah bekerja untuk menyempurnakan Xbox One – dengan cara yang spesial.

Belum ada kabar apa-apa dari sang kompetitor, Sony, tentang apakah mereka juga akan menggunakan metode yang sama untuk menghargai  individu-individu yang bekerja keras untuk meracik PS4. Lagi pula, apa gunanya ‘Special Edition’ jika performa dasar console tersebut ternyata payah?

Edisi standar berwarna hitam akan segera dirilis bulan November besok di 13 negara pilihan dengan harga US$ 499. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk di antara negara-negara itu.

[Sumber gambar]