Layanan Microsoft xCloud Siap Hidangkan Seluruh Game Xbox

Microsoft xCloud Siap Hidangkan Seluruh Game Xbox, Baik Judul Lawas Hingga yang Akan Tiba

Layanan cloud gaming ini menjanjikan akses ke lebih dari 3.500 judul permainan.
Forza Horizon 4.
Forza Horizon 4.

Menimbang dari angka penjualan dan jangkauan layanan, PlayStation 4 terlihat jauh mengungguli Xbox One. Namun keadaan mungkin berubah di era berikutnya, terutama setelah para raksasa teknologi mulai berkonsentrasi menyiapkan infrastruktur cloud gaming. Begitu besar potensi ranah bisnis baru itu, Sony memutuskan untuk menggandeng Microsoft demi memperoleh akses ke teknologi Azure.

Dari sisi prasarana dan teknologi cloud, Microsoft memang berada jauh di depan Sony. Tak lama setelah mengonfirmasi keberadaan Project Scarlett, perusahaan asal Redmond itu mengumumkan pengembangan teknologi game streaming Project xCloud. Sebagaimana platform on demand lain, xCloud menjanjikan akses mudah ke permainan tanpa dibatasi hardware. Namun waktu itu kita belum tahu apakah teknologi ini akan diintegrasikan ke layanan Xbox atau disajikan secara mandiri.

Namun gerak-gerik Microsoft memang mengindikasikan bahwa xCloud akan jadi bagian dari platform Xbox next-gen. Dan lewat posting di laman Xbox Wire, Microsoft mengungkapkan bagaimana xCloud siap menghidangkan seluruh permainan di keluarga Xbox, termasuk varian lawas serta game Xbox One yang akan tiba. Itu berarti, Anda disuguhkan dukungan permainan yang ada di tiga generasi console berbeda.

xCloud

Project xCloud diklaim mampu menghidangkan lebih dari 3.500 judul permainan via metode stream, ditopang oleh datacenter Azure yang tersebar di 13 titik di dunia. Di tahan awal penyediaannya, xCloud akan difokuskan di wilayah Amerika Utara, dan sebagian Eropa serta Asia. Beberapa nama gaming terkenal sudah mulai berpartisipasi, misalnya Capcom dan Paradox Interactive. Mereka dipersilakan menguji kreasi-kreasi digitalnya langsung di platform xCloud tanpa porting.

Baik di permainan video baru maupun lama, developer dibebaskan buat menyesuaikan dan men-scallinggame ke perangkat lain, tanpa harus membutuhkan proses pengembangan tambahan atau update terpisah. Misalnya ketika sebuah studio mengimplementasikan pembaruan/patch di game, update tersebut juga segera diterapkan ke seluruh versi yang ada.

Saat ini kabarnya ada lebih dari 1.900 permainan yang tengah dikembangkan untuk Xbox One, dan semuanya dapat dinikmati via Project xCloud. Yang perlu developer lakukan hanyalah menggarap game secara normal dan menggunakan perkakas pilihan mereka; dan selanjutnya, Microsoft akan bekerja demi memastikan konten tersebut bisa dinikmati oleh lebih banyak pemain.

“Project xCloud ialah sebuah perjalanan menarik yang kita semua bisa ikuti,” tutur Kareem Choudhry selaku corporate vice president gaming cloud Microsoft. “Kami tak sabar untuk mengundang komunitas buat memberikan masukan, membantu pembangunan xCloud, serta berpartisipasi dalam proses pengerjaannya yang terbuka dan transparan. Tunggu kabar selanjutnya dari kami…”

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…