1. Lifestyle

Demo Illumiroom dari Microsoft, Akan Hadir Juli?

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, Illumiroom yang diperkenalkan pada event akbar CES 2013 Januari lalu menghantarkan kita pada pengenalan masa depan gaming experience khususnya pada gaming console besutan Microsoft, Xbox.

Pengembangan riset dari Microsoft ini benar-benar sebuah teknologi yang mengagumkan dimana nantinya player akan merasakan pengalaman virtualisasi pada permainan dari konsol Xbox. Namun sayangnya, informasi  atas teknologi canggih ini masih simpang siur, setelah video teaser-nya diperkenalkan di Youtube Illumiroom beberapa waktu lalu, seolah-olah teknologi ini masih menjadi “senjata rahasia” Microsoft yang disimpan rapat-rapat untuk bersaing dengan kompetitornya.

Namun kini muncul angin segar atas perkembangan Illumiroom. Microsoft Researcher’s Hrvoje Benko dan Brett Jones dalam suatu kesempatan wawancara menyatakan  bahwa teknologi yang diusung Illumiroom sebenarnya sudah dalam kondisi yang siap digunakan namun mereka tak akan atau belum berencana mendemonstrasikannya kepada publik setidaknya sampai bulan Juli tahun ini. Kabar ini tampaknya akan justru menimbulkan rasa penasaran yang semakin besar terhadap Illumiroom.

Teknologi Illumiroom ini sendiri sebenarnya merupakan pengembangan dari teknologi Kinect yang telah lebih dahulu “menghebohkan” dunia jagat raya gaming dengan teknologi motion sensor yang dapat memindai gerak tubuh player sebagai kontrol utama dalam video game. Illumiroom berfungsi sama namun jauh lebih baik menghadirkan virtualisasi dalam pengalaman bermain video game.

Beberapa waktu lalu, Microsoft melalui beberapa tim peneliti dan pengembangnya telah memperkenalkan cara kerja dari Illumiroom ini. Pada intinya yang memegang peranan penting ini adalah Sensor Kinect generasi terbaru yang bekerja memindai sensor gerak dan ruangan yang nantinya diproyeksikan langsung lewat proyektor high definition Illumiroom tersebut.

Proyektor canggih ini akan bertugas menampilkan tampilan wide screen dari game yang sedang dimainkan untuk diproyeksikan ke seluruh bidang dari ruang bermain player. Teknologi next gen ini menggunakan metode terbaru yang dikenal dengan nama “Radiometric Compensation”. Implementasi teknologi terbaru yang ditawarkan ini adalah menghadirkan suasana video game tersebut secara real time dan virtualisasi yang diwujudkan via proyektor canggih tersebut ke dalam ruang bermain Anda.

Seperti itulah kira-kira gambaran nantinya “gebrakan” yang akan diusung oleh Microsoft melalui Illumiroom. Stay tuned di Trenologi untuk update terbarunya.

Sumber: Engadget.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again