StartupBerita

mig33 Bawa Game Developer Indonesia Mendunia

mig33 meluncurkan Developer Program di Singapura tanggal 20 Juli lalu dan menggandeng 12 partner awal untuk membangun social games dan aplikasi bagi 50 juta pengguna terdaftarnya [registered users] -- komunitas mobile-first terbesar di dunia. Sebagai bagian dari Developer Program, mig33 juga akan membuka Social Platform yang mendapatkan dukungan penuh dari GREE Jepang yang juga merupakan salah satu investor mig33. Kedua bagian ini menjadi fokus utama mig33 saat ini. mig33 memiliki hampir 30 juta pengguna di Indonesia yang terkonsentrasi di pengguna feature phone.

Menurut Chris Chandler, Vice President Business Development mig33, dalam siaran persnya mengemukakan bahwa peluang bagi pengembang dan brand masih sangat besar. Bahkan dengan 50 juta pengguna terdaftar, lanjut Chandler lagi, banyak pasar mig33 yang masih belum terjamah, jadi masih banyak ruang untuk berkembang.

Chandler menegaskan bahwa mig33 melihat ARPU di atas rata-rata di banyak pasar [negara]. Ini adalah alasan utama kenapa pengembang dan brand perlu ikut ke kapal mig33. Pendapatan dan peluang exposure yang diberikan sangat luar biasa. Seperti yang pernah saya singgung sebelumnya, meskipun yang disasar adalah masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah dan nilai barang virtual sangat murah, mereka ini sungguh mengeluarkan uang untuk membayar dan dengan jumlah pengguna terdaftar yang begitu besar, pendapatan secara total tentu luar biasa.

Kembali ke partner pengembang mig33, dari 12 partner awal yang digandeng, lima di antaranya adalah pengembang permainan dari Indonesia. Sisanya berasal dari Cina, India, Singapura, Jerman, Filipina, dan Afrika Selatan. Ini membuat Indonesia menjadi penyumbang partner terbanyak. Tentunya fakta ini sangat membanggakan bagi insan game developers di tanah air.

Partner mig33 dari Indonesia adalah Agate, Anantarupa, Elasitas, Nightspade, dan OneBit. Nama-nama tersebut tentunya sudah tidak asing di telinga komunitas teknologi (terutama game). Semua partner ini bakal bekerja sama dengan mig33 untuk meningkatkan experience mig33 sebagai suatu platform, tidak cuma untuk chatting tapi juga menghabiskan waktu untuk bermain.

Fase pertama developer program seperti yang telah disebutkan di atas akan fokus untuk meningkatkan GREE Platform dan social games. Dalam beberapa bulan mendatang, mig33 berencana untuk membuka platform-nya dan berekspansi ke area aplikasi utilitas, gaya hidup [lifestyle] dan hiburan [entertainment].

Bagi pengembang lain yang ingin berpartisipasi, Anda bisa melihat keterangan lebih lanjut di http://developer.mig33.com. Untuk awalan, mig33 akan mencari partner bagi pengembang Android meskipun ke depannya akan memperluasnya ke semua platform yang dimiliki oleh mig33. mig33 saat ini didanai oleh sejumlah VC Silicon Valley seperti Accel Partners, Redpoint Ventures, dan DCM. Selain itu mig33 juga didukung oleh salah satu penyedia layanan jejaring sosial terbesar di Jepang, GREE.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again