Categories

Game

Miitomo Ialah App/Game Mobile Pertama Dari Nintendo, Dirilis Tahun Depan

Yoga Wisesa - 29 October 2015

Pokemon Go tidak akan sendirian dalam wacana Nintendo melangkah ke ranah mobile. Rencana ini terungkap sejak 2014, kemudian dikonfirmasi melalui kerjasama Nintendo dan DeNa. Pokemon Go memang sempat mencuri perhatian karena premisnya sangat menarik - memadukan gameplay tradisional Pokemon dengan AR. Namun sebetulnya ia digarap oleh Niantic Labs, bukan DeNa.

Pada acara pertemuan bersama para investor di tanggal 28 Oktober 2015, Nintendo mengumumkan beberapa informasi lebih lanjut mengenai permainan smartphone pertama mereka. Tapi Anda keliru jika mengira sang developer raksasa dari Kyoto itu langsung menggunakan senjata andalan, yaitu franchise Super Mario. Sebagai pemanasan, Nintendo memperkenalkan app/game berjudul Miitomo.

Selain dari screenshot-screenshot serta live blogWall Street Journal, detail tentang Miitomo masih sangat minim. Berdasarkan penjelasan CEO Tatsumi Kimishima, Miitomo disajikan secara gratis, dipadu sistem penjualan add-on. Di sana Anda dipersilakan mendesain avatar, disebut Mii, untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna. Uniknya lagi, Nintendo berjanji 'akan menemukan cara demi mendorong orang-orang pemalu buat saling share dan berinteraksi'.

Desain sendiri kemungkinan besar dilakukan sepenuhnya oleh Nintendo, tapi belum ada yang tahu akan seperti apa jadinya Miitomo. Apakah ia tersaji dalam bentuk permainan atau malah sebagai aplikasi komunikasi? DeNa kabarnya bertanggung jawab 'membantu mengoperasikan' permainan-permainan smartphone, lalu Nintendo fokus untuk memandu konsumen menyiapkan hardware. Miitomo sendiri baru mulai dipromosikan pada musim liburan akhir tahun ini.

Info menarik:Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Pokemon GO

Istilah Mii mengacu pada avatar digital yang digunakan Nintendo di platform Wii, Wii U dan 3DS. Melaluinya,user dibebaskan berkreasi menciptakan karakter, mewakili diri mereka di dunia virtual. Anda dapat memanfaatkan Mii di sejumlah game. Banyak orang beranggapan bahwa kata Mii merupakan perpaduan dari Wii dan 'me'.

Selain Miitomo, Nintendo turut menyingkap Nintendo Account, sebuah layanan berlangganan baru, untuk menyambungkan user dari hardware berbeda. Account mengusung basis cloud demi memungkinkan pengiriman data dari perangkat bergerak dan komputer personal. Anda penasaran soal NX? Nintendo masih menutup rapat mulut mereka.

Miitomo adalah satu dari lima app/game Nintendo yang dijadwalkan untuk mendarat di device mobile. Ia dijadwalkan meluncur pada bulan Maret 2016, disusul perilisan permainan-permainan lainnya sampai 2017 nanti.

Header: Miiverse. Gambar lain: Wired.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter