1. Startup

Empat Cara Menanamkan Mindset Membangun Bisnis

Menentukan aspek krusial untuk menjalankan bisnis yang sukses dan bertahan

Saat ini semua orang ingin menjadi the next Mark Zuckerberg, Brian Chesky, Steve Jobs dan entrepreneur sukses lainnya. Dari sekian banyak startup yang hadir, hanya sedikit jumlahnya yang mendapatkan profit dan bertahan hingga kini.

Ketika semua ide mengedepankan inovasi yang baru, nilai valuasi yang tinggi hingga sukses dengan IPO dan menjadi unicorn, idealnya agar startup bisa bertahan dan sukses fokuskan ide lebih kepada bisnis yang sehat. Hindari rencana awal dengan memanfaatkan uang dari investor dalam jumlah besar, namun bangunlah bisnis sejak awal yang mampu mendatangkan profit dari pelanggan.

Artikel berikut ini akan membahas mindset berbeda yang wajib dicermati oleh calon pemilik startup yaitu jangan bangun sebuah startup namun bangunlah bisnis yang menguntungkan.

Bangun bisnis yang sehat

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk membangun bisnis yang sukses adalah sejak awal bangunlah bisnis dalam skala yang kecil namun tetap fokus kepada pertumbuhan. Gunakan uang pribadi untuk memulai usaha atau yang dikenal dengan bootstrap, atau gunakan uang yang didapatkan dari pelanggan untuk menjalankan bisnis. Jangan terlalu bergantung dengan investor atau venture capital.

Jika Anda masih kesulitan untuk memperkerjakan orang, lakukan kegiatan bisnis sambil Anda bekerja sebagai karyawan di perusahaan saat ini. Ketika Anda sudah berhasil mengumpulkan uang dari pendapatan yang ada, serta tabungan dari gaji setiap bulan, Anda pun siap untuk berhenti dari pekerjaan dan fokus dengan bisnis baru.

Temukan ide bisnis yang tepat

Semua entrepreneur sepertinya memiliki impian untuk menjadikan dunia lebih baik lagi. Apa pun ide serta inovasi yang nantinya Anda temukan, pastikan ide tersebut tepat dan tentunya dibutuhkan oleh orang. Salah satu cara untuk menemukan ide yang tepat adalah dengan mencari informasi secara online. Cobalah untuk bergabung dan mencermati secara detil situs seperti Quora atau Reddit, platform ini memungkinkan Anda bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat serupa. Gali lebih mendalam kesulitan dan kebutuhan yang mereka inginkan. Ketika ide yang tepat sudah Anda temukan, ciptakan produk dan layanan yang berfungsi dengan baik dan tentunya disukai oleh pengguna.

Luncurkan produk dan segera berjualan

Setelah produk atau layanan telah siap untuk diluncurkan, langkah selanjutnya adalah mempromosikan diri. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menuliskan produk atau layanan tersebut dalam blog, tuliskan konten yang menarik dan cobalah untuk melakukan interaksi langsung dengan target pasar Anda. Produk atau layanan yang dimiliki akan berakhir sukses, jika sejak awal Anda telah mendapatkan feedback dari pengguna.

Tujuan akhir adalah profit

Pada akhirnya tujuan akhir dan realisasi yang utama adalah profit atau pendapatan yang pasti. Hindari kebiasaan untuk memberikan promosi, penawaran harga yang rendah serta kegiatan burning money lainnya. Fokuskan kepada pendapatan dan pastikan bisnis yang Anda jalankan, disukai oleh pengguna dan mereka bersedia untuk mengeluarkan uang untuk menikmati produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again