1. Lifestyle

Minecraft Akhirnya Tiba di Windows Phone

Khalayak awam mungkin bertanya, buat apa Microsoft mengeluarkan US$ 2,5 miliar untuk membeli kepemilikan franchise game independen? Sudah pasti banyak rencana dan pertimbangan yang tidak mereka ungkap, dan sedikit orang tahu, Microsoft adalah perusahaan gaming dengan aset paling besar. Jauh melampaui Sony, Blizzard dan Nintendo.

Rencana Microsoft terhadap Minecraft perlahan-lahan tersingkap. Di bulan Oktober, lead designer Jens ‘Jeb’ Bergensten mengumumkan bahwa Minecraft: Pocket Edition akan tersedia di Windows Phone - menyusul Android dan iOS - tanpa menyebutkan waktu peluncuran. Kemudian tiba-tiba, pada tanggal 10 Desember kemarin, ia muncul di Windows Phone store.

Minecraft di Windows Phone menghadirkan semua mode dan fitur layaknya Pocket Edition standar. Di sana ada mode Survival, mode Creative, serta multiplayer melalui Wi-Fi. Syaratnya, handset harus berjalan di WP 8.1, ada sambungan internet, dan mendukung resolusi HD, WVGA atau WXGA. Kemunculan Minecraft: Pocket Edition versi Windows Phone tentu akan menambah jumlah penjualan yang sudah melampaui 21 juta kopi.

Nama Minecraft yang meledak dari sebuah judul sederhana buatan Markus 'Notch' Persson menjadi fenomena global dalam waktu singkat memang memberi dampak besar bagi industri gaming dan hiburan. Ia melahirkan banyak clone semisal Ace of Spades, CraftWorld, Terraria, serta UCraft untuk platform Wii U - satu-satunya console yang belum mendapatkan port-nya.

 

Info menarik: 5 Game Android Terbaik di 2014 Yang Harus Anda Coba

 

Selain itu, Minecraft juga menjadi trivia serta easter egg di berbagai permainan lain dari mulai game sekelas Skyrim, Borderlands 2, Team Fortress 2 hingga permainan indie seperti Faster Than Light, The Binding of Isaac dan Super Meat Boy. Game buatan Mojang itu masuk ke musik video G.U.Y. Lady Gaga dan menginspirasi musisi Deadmou5.

Meski dirilis ke hampir semua platform game, ada indikasi Microsoft berniat melepas konten-konten eksklusif khusus ke console mereka di waktu ke depan. Demi menyambut hari Natal, Microsoft sudah menyiapkan Festive Mash-up untuk Minecraft di Xbox One dan Xbox 360 - sebuah add-on berisi item, tekstur, serta musik baru bertema Musim Dingin dan Natal.

Kembali ke Minecraft: Pocket Edition, Anda bisa membelinya tanpa mengeluarkan banyak uang. Di Windows Phone store ia cuma dibanderol US$ 7.

Via Eurogamer. Gambar: Windows Phone store.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again