Di antara varian produk digital, game menjadi salah satu yang paling populer di kalangan pengembang lokal, khususnya game di platform mobile. Namun tidak hanya berhenti di sana, para pengembang pun juga terus mengeksplorasi potensi dalam segmen game dengan berbagai model bisnis, salah satunya yang dilakukan oleh Touchten. Belum lama ini pihaknya menghadirkan sebuah platform game online berjuluk PlayGame.com. Sederhananya platform tersebut menampung game yang dapat dimainkan secara live di situs tersebut.

Saat tulisan ini terbit, PlayGame.com baru menginjak usia dua minggu. Kendati demikian sudah ada 40 game yang kini bisa dimainkan melalui situs tersebut. Sebagian besar game tersebut hasil embed dari game digital yang sudah ada sebelumnya. Rencananya PlayGame.com akan resmi diluncurkan Jumat ini (6/10).

Kepada DailySocial, CEO Touchten Anton Soeharyo selaku penggagas PlayGame.com menjelaskan:

“Fokus kami memang sebagai pengembang mobile game, membuat game yang sesuai di pasar Indonesia. Tercatat pada platform PlayGame.com saat ini sudah mencapai 40 game yang bisa digunakan. Walaupun belum ada game internal dari platform yang kami usung. Peluncuran platform PlayGame.com minggu ini  sekaligus bersamaan dengan peluncuran game baru kami.”

Dalam game yang akan dirilis tersebut, Touchten secara khusus menjalin kerja sama dengan pembawa acara kondang Deddy Corbuzier.

“Fist of Rage adalah game yang akan di-launching Touchten bersama dengan peluncuran PlayGame.com. Game yang diperankan seseorang hero untuk menjalankan misi tertentu. Sekaligus memperkenalkan Deddy Corbuzier sebagai pemeran penting di game ini,” ujar Anton.

Banyak ambisi yang digenggam Anton bersama Touchten di PlayGame.com, termasuk untuk ekosistem game lokal dan pengembang. Harapannya dapat menciptakan sebuah “jalur baru” yang memudahkan pelaku di industri game lokal untuk menyampaikan karyanya kepada penikmat game. Termasuk terkait monetisasi, yang menurut Anton masih ada beberapa kendala yang sejatinya bisa dioptimalkan, misalnya masalah integrasi sistem pembayaran.

“Kami menargetkan game baru yang dirilis bersama Deddy Corbuzier akan diunduh lebih dari 1 juta pengguna dalam waktu kurang dari tiga bulan. Dan untuk PlayGame.com harapannya dapat menjadi portal yang nantinya juga akan bermanfaat bagi para pengembang game di Indonesia,” pungkas Anton optimis.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.