Gadget

Mini Augmented Vision Adalah Kacamata AR untuk Pengemudi Mobil

Februari kemarin, BMW dilaporkan tengah mengembangkan perangkat AR (augmented reality) yang dirancang khusus untuk pengemudi mobil sehingga ia dapat melihat menembus ke luar.

Berdasarkan bocoran yang ada saat itu, perangkat ini diperkirakan akan unjuk gigi pada ajang Auto Shanghai 2015 mendekati akhir bulan April ini.

Bulan April sudah datang, dan event Auto Shanghai 2015 tinggal hitungan hari. BMW, melalui anak perusahaannya, Mini, memberikan bocoran yang lebih merinci: perangkat AR tersebut bernama Mini Augmented Vision.

Seperti yang sudah bisa diduga, Mini Augmented Vision merupakan sebuah kacamata AR. Sepintas konsep yang dibawa mirip dengan Google Glass, tetapi perangkat ini sejatinya didesain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan bernavigasi dan mengemudi mobil.

Mini Augmented Vision merupakan hasil kolaborasi antara BMW dan Qualcomm. Rumah desain BMW DesignworksUSA ditunjuk untuk mengerjakan fisik perangkat, sedangkan sejumlah divisi perusahaan Qualcomm diberi kepercayaan untuk menggarap teknologi canggihnya.

Info menarik: Apa Jadinya Ketika Speedometer Digital Digarap oleh Developer Game?

Sama seperti Google Glass, Mini Augmented Vision akan memproyeksikan sejumlah informasi secara langsung di hadapan penggunanya. Informasi yang ditampilkan mencakup data navigasi, kecepatan mobil, batas kecepatan di jalan, info lokasi selagi mobil berjalan melewati, icon notifikasi, dan masih banyak lagi.

Cuma tampilan informasi saja? Tidak. Seperti yang dirumorkan, pengguna perangkat ini akan bisa melihat menembus mobil, memperoleh kekuatan ibarat Superman. Fitur X-Ray View milik Mini Augmented Vision akan me-render area di luar pintu, lalu memproyeksikan pemandangan virtual tersebut ke pandangan pengguna sehingga seakan-akan pintu mobil tidak terlihat, atau bisa juga bagian mobil yang lainnya.

Kemudian ada pula fitur Augmented Parking, dimana gambar yang ditangkap oleh kamera pada spion akan ditampilkan langsung ke hadapan pengguna, memudahkan aktivitas parkir di berbagai macam lokasi.

Selengkapnya, kita masih harus menunggu pengungkapan resmi Mini Augmented Vision di ajang Auto Shanghai 2015 yang akan dihelat mulai tanggal 22 - 29 April mendatang.

Untuk sekarang, Anda bisa menikmati sejumlah foto resmi dari Mini Augmented Vision dan beberapa video demonstrasi super-singkatnya.

Sumber: Mini via The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter