Dark
Light

Mini Mobile Robotic Printer, Robot Printer Mungil dengan Desain Keren

1 min read
April 11, 2014

Sedikitnya ada dua hal yang kini menjadi acuan para inventor teknologi: ‘mobile’ dan ‘smart’. Segala perangkat modern diusung agar bukan hanya fleksibel dan mudah digunakan, mereka juga harus pintar dengan tingkat konektivitas tinggi. Tapi hingga saat ini, satu jenis gadget belum sepenuhnya memenuhi dua kriteria tersebut. Mereka adalah printer.

Dalam beberapa tahun terakhir, printer ialah gadget yang tidak banyak mengalami perubahan. Tentu teknologi pelengkapnya semakin canggih: menghemat tinta, mencetak halaman bolak-balik, akses wireless dan lain-lain. Namun saat berbicara tentang mobilitas, printer sama sekali tidak bisa menyediakannya. Hal tersebut mendorong ZUtA Labs menciptakan Mini Mobile Robotic Printer.

 

Info menarik: Zohib Messenger Tawarkan Pengguna Berkirim Pesan Instan Sambil Memperoleh Reward

Seperti yang bisa Anda simpulkan dari namanya, perangkat ini merupakan perpaduan antara robot dan printer. Desain Mini Mobile Robotic Printer mengingatkan sedikit pada kotak make-up, namun memiliki ukuran yang lebih tinggi. ZUtA Labs melengkapinya dengan baterai rechargeable, perangkat ini bukan hanya dapat tersambung ke PC, namun juga bisa diakses melalui smartphone.

Mini Mobile Robotic Printer 02

Cara menggunakannya sangat sederhana. Anda hanya perlu membuka bagian penutup di bagian bawah Mini Mobile Robotic Printer untuk mengekspos bagian inkjet-nya.

Printer ini memiliki sistem omni-wheel yang membuatnya mampu bergerak dan membelok ke arah manapun secara akurat. Anda hanya perlu menaruh perangkat ini di atas kertas, dan ZUtA Labs berjanji hasil print-out akan sebaik menggunakan printer konvensional.

Dalam versi pengembangan pertama, pengguna dapat mengisi ulang baterainya melalui konektor USB di bagian bawah. Baterai tersebut mampu bertahan lebih dari satu jam sebelum Anda harus mengisi ulangnya kembali. Robot printer ini mampu mencetak kira-kira 1.000 halaman dalam warna hitam putih. Untuk varian perdananya, Mini Mobile Robotic Printer belum memiliki sensor stabilisasi yang rencananya akan dimiliki model terbaru.

Perangkat ini memiliki diameter 11.5 cm dengan tinggi 10 sentimeter dan bobot hanya 300 gram. Dibuat dari material polycarbonate, dengan kecepatan perkiraan 1,2 print per minute (berdasarkan data spesifikasi model purwarupa), kualitas cetak hingga 96×192 dpi. Mini Mobile Robotic Printer baru mendukung cartridge berwarna hitam dengan dua tipe koneksi: Bluetooth dan micro USB.

 

Info menarik: Amazon Fire TV Adalah Kotak Hiburan ‘Serba Guna’

 

Untuk saat ini Mini Mobile Robotic Printer memang belum secanggih sepupu konvensionalnya dalam hal kualitas hasil. Tapi bayangkan, dengan ide yang dipercikkan ZUtA Labs, teknologi ini akan mulai bermunculan dimana-mana. Printer ini juga praktis untuk keperluan mendadak: saat ingin mencetak tugas makalah kuliah, atau beberapa lembar skripsi yang terlewatkan, ia akan menjadi terbaik ketimbang harus mengantri di percetakan yang dipenuhi kawan-kawan Anda. Versi awal ini sudah mendukung sistem operasi Android, iOS, Linux, OSX dan Windows.

Mini Mobile Robotic Printer 03

Saya yakin teknologi printer robot akan lebih canggih dalam waktu yang tidak lama: hasilnya lebih akurat, lebih cepat, dengan konektivitas yang lebih luas, bahkan bisa mencetak warna.

Jika Anda berkenan untuk membantu program crowdfunding ZUtA Labs di Kickstarter sekarang juga, Anda bisa mendapatkan versi standar Mini Mobile Robotic Printer dengan harga US$ 180. Perangkat ini tersedia dalam warna hitam dan putih, dengan edisi spesial berlogo Kickstarter seharga US$ 300.

Via Engadget.

Previous Story

SingTel Group dan Samsung Jalin Kerja Sama Strategis

Next Story

Freelancer Messenger Dukung Produktivitas secara Mobile di Layanan Crowdsourcing Freelancer

Latest from Blog

Don't Miss

AI banyak dipakai dalam pembuatan game Firmament

AI Banyak Dipakai dalam Pembuatan Game Ini, Sejumlah Pemainnya Kecewa

Penggunaan generative AI di industri video game terus menuai kontroversi.

Elon Musk Pamerkan “Optimus”, Robot Pintar Serbaguna Tesla Seharga Rp300 Juta

Di ajang Tesla AI Day 2022, Tesla baru saja unjuk