16 January 2017

by Yoga Wisesa

'Mini PC ala AiO' Gole1 Plus Sajikan Hardware Lebih Canggih dan Layar Lebih Lebar

Varian Plus menyajikan layar yang lebih luas, system-on-chip-nya lebih canggih dengan performa baterai lebih tahan lama.

Begitu majemuknya PC, sangat mungkin bagi kita untuk menemukan sistem yang betul-betul sesuai kebutuhan, terlebih lagi setelah munculnya banyak komputer-komputer berukuran kecil. Di pertengahan tahun lalu, tim asal China menawarkan sebuah alternatif unik dengan memadukan mungilnya form factor mini PC serta AiO. Dan belum lama ini, mereka ungkap penerusnya.

Dinamai Gole1 Plus, produk tersebut dirancang untuk menyempurnakan sejumlah kekurangan dalam device generasi sebelumnya, diungkap pertama kali di situs crowdfundingIndie Gogo. Varian Plus menyajikan layar yang lebih luas, SOC-nya lebih canggih dengan performa baterai lebih tahan lama. Dan berbeda dari Gole1 standar, cuma ada satu pilihan sistem operasi, yaitu Windows 10 64-bit.

Mengusung tubuh padat dengan dimensi 19,86x13,6x2,7mm, desain Gole1 Plus tetap masuk dalam kategori mini PC, namun kehadiran layar di sisi atasnya serta dukungan baterai internal membuat potensi pemanfaatannya lebih luas. Saat diubah ke posisi berdiri (dengan memasangkan stand), panel IPS 8-inci beresolusi 1280x800 di sana memungkinkan Gole1 Plus berfungsi layakanya PC all-in-one.

Produsen tak lupa menerapkan sejumlah upgrade pada penampilannya. Pertama, mereka memindahkan tombol power dan volume ke sisi kanan. Karena tidak lagi tombol fisik di bawah layar, bingkai bisa jadi lebih ramping. Selanjutnya, mereka menghilangkan antena Wi-Fi eksternal. Sayang sekali, tim desainer memutuskan buat meniadakan port microUSB, sehingga Anda hanya bisa men-charge lewat port DC.

Berbicara konektivitas, Anda bisa menemukan satu port USB 2.0, satu USB 3.0, dan colokan audio 3,5mm di kanan; lalu terdapat port LAN, HDMI, slot kartu microSD, dan sebuah USB 2.0 lagi di bagian belakang. Koneksi wireless-nya sendiri meliputi Wi-Fi dual band 2.4G/5.0G dan Bluetooth 4.0.

Gole1 Plus memanfaatkan system-on-chip Intel Atom x5-Z8350 (kecepatan maksimal 1,92GHz) sebagai otaknya, dipadu GPU Intel HD Graphics, dibekali RAM DDR3 sebesar 4GB, dengan memori internal 64GB (ada opsi 128GB). Tenaganya dipasok oleh unit baterai 5.000mAh, muatannya lebih besar dari Gole1 (2.600mAh) namun belum dijelaskan sebarapa lama ia bisa bertahan tanpa tersambung ke sumber listrik.

Belum diketahui kapan tepatnya Gole1 Plus akan tersedia, tetapi Mini PC DB berhasil memperoleh info mengenai harganya, yakni US$ 200 - sekitar US$ 10 di atas Gole 1 biasa. Tak seperti sebelumnya, Gole1 Plus juga tidak (atau belum) dijajakan melalui situs crowdfunding, dan saat artikel ini ditulis, info mengenainya belum muncul di situs Gole.Tech.

Via Digital Trends.