30 June 2014

by Yoga Wisesa

Mini-PC Baru Giada Hanya Membutuhkan Daya Listrik 22W Untuk Bekerja

Walaupun angka penjualan komponen dan hardware berada dalam posisi yang stabil, produsen harus mengerti bahwa kita semua sudah masuk pada tahap awal era 'PC+' - dimana fungsi PC berubah semakin universal. Salah satu tanda bahwa peralihan besar sedang terjadi adalah munculnya berbagai model PC berukuran mungil untuk kebutuhan yang beragam.

Bagi Giada, mini-PC bukanlah hal yang baru. Produsen hardware asal Shenzhen ini sudah sangat familiar dalam meracik komputer berukuran kecil, beberapa untuk fungsi multimedia, dan beberapa tipe diracik untuk gaming. Dalam mengusung produk terbarunya, Giada kembali membuat sebuah kejutan: mini-PC I39 hanya membutuhkan 22 Watt untuk dapat beroperasi.

Bukan itu saja, selain rendah kebutuhan daya listrik, Giada I39 dirancang dengan ukuran yang sangat mungil - sama seperti saudaranya i56, dengan dimensi tidak lebih besar dari ukuran buku novel: 192x155x26 milimeter. Lalu apakah dengan ukuran dan kebutuhan listrik yang rendah, mini-PC I39 dirancang dengan hardware perperforma standar?

 

Info menarik: D2308U Adalah Mini PC Gaming Terbaru dari Giada

 

Justru sebaliknya, Giada memanfaatkan prosesor quad-core Intel Celeron J1900 (Bay Trail) dengan kecepatan 2,41GHz, memori RAM 2GB, media penyimpanan internal dengan hard disk 2,5-inci berkapasitas hingga 500GB ditambah dukungan mSATA, serta chip grafis integrated HD Graphics dari Intel.

Dalam press release mereka, Giada tanpa ragu-ragu menyebutkan bahwa dengan memanfaatkan output HDMI 1.4a milik I39 dan Microsoft DirectX 11, mini-PC ini cocok digunakan oleh kalangan gamer dan video enthusiast - mampu menghadirkan visual di resolusi 2160p. Saya tidak khawatir dengan performa video, tapi mungkinkah game 3D modern juga bisa berjalan lancar di resolusi setinggi itu - apalagi ia tidak dipersenjatai Intel Iris Pro?

Dari opini saya, PC seperti ini akan lebih cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan multimedia. Dan berita baiknya, selain HDMI, Giada melengkapi I39 dengan konektivitas yang sangat luas: Wi-Fi, opsi Bluetooth, inframerah, empat buah port USB 2.0, sebuah port USB 3.0, sepasang jack audio input dan output, port VGA, serta card reader yang mendukung kartu SD, MMC, MS dan MS Pro.

 

Info menarik: Giada Luncurkan Mini PC i56 yang Gesit Tapi Ramah Lingkungan

 

Lalu dengan ukurannya yang kecil, apakah itu berarti dengan penggunaan dalam waktu lama, mini-PC I39 akan menjadi sangat panas? Untuk mengatasi masalah itu, Giada telah membekali I39 dengan sistem monitor smart fan cooling dan kontrol kipas untuk memastikan hardware tetap sejuk. Kipas tersebut juga berjalan dengan hening, Anda tidak akan mendengar suara getaran yang kasar.

Mini-PC I39 siap mendukung beberapa platform sistem operasi yang sekarang populer, seperti Windows 8.1, Windows 7 dan juga Linux X86. Sedikit hal yang belum diinformasikan Giada adalah harga dan kapan I39 tersedia. Tapi kemungkinan besar harganya tidak akan terlalu jauh berbeda dengan model I59 yang ditawarkan sebesar US$ 648.