25 February 2016

by Yoga Wisesa

Mini PC Baru Racikan MSI Ini Upgradable dan Ditenagai Skylake

Ada dua aspek adalan MSI di Cubi 2 Plus: desain upgradable dan kehadiran prosesor Intel Skylake.

Teknologi berevolusi begitu cepat ke titik di mana kita bisa mendapatkan perangkat canggih dalam ukuran mungil. Itulah mengapa mini PC perlahan-lahan jadi semakin populer. Tahun lalu, MSI menyingkap Cubi sebagai upaya memuluskan manuver mereka di ranah mini PC. Dan belum lama ini, keluarga Cubi mendapatkan satu anggota baru.

Demi memperkuat line-up mini PC mereka, Micro-Star International mengungkap Cubi 2 Plus. Konsep penyajiannya sama seperti sang pendahulu, perangkat diracik dengan mengutamakan teknologi serta didesain apik, sehingga pemakaiannya fleksibel - dapat dimanfaatkan oleh konsumen biasa atau bisnis. Setidaknya ada dua aspek adalan MSI di Cubi 2 Plus: rancangan upgradable dan kehadiran Intel Skylake.

Ukuran Cubi 2 Plus sedikit lebih besar dari Cubi, dengan dimensi 155,3x147,9x58,6-milimeter. MSI mengimplementasikan sejumlah face-lift agar device tampil menarik - pola susunan segitiga simetris mengelilingi tombol power serta lubang-lubang ventilasi segitiga yang serasi. Segi konektivitasnya juga sangat lengkap; ada USB 3.1 Type-C, USB 2.0 super charger, port USB 3.1 biasa, card reader, LAN, HDMI, serta DisplayPort.

Di dalam Cubi 2 Plus, MSI menyematkan motherboard mini STX (5x5). Lebih kecil sekitar 29 persen dibanding mini-ITX, mini STX ialah motherboard termungil yang memungkinkan pengguna mengganti atau meng-upgrade prosesor. MSI menyediakan dua varian Cubi 2 Plus, yaitu tipe standar dan vPro. Versi terakhir ini dilengkapi fitur-fitur keamanan dan pernak-pernik corporate.

Berbicara mengenai CPU, MSI menyuguhkan tiga pilihan prosesor: Intel Core i3-6100T, i5-6500T, dan i7-6700T. CPU Skylake-S itu memastikan konsumsi dayanya tetap rendah. Hardware lainnya meliputi kartu grafis Intel HD Graphics 530 dan RAM DDR4 2133MHz maksimal 32GB. Kombinasi semuanya diklaim sanggup menangani output dua monitor serta menyuguhkan video di resolusi ultra-HD.

Keunggulan Cubi 2 Plus dibanding mini PC lain terdapat pada storage. Device MSI itu mengusung penyimpanan SSD M.2 SATA sampai 256GB ditambah satu lagi hard drive 2,5-inci atau SSD, maksimal 1 terabyte.

Dengan wujudnya yang minimalis, Cubi 2 Plus bisa disematkan di tembok, ditaruh di atas meja tanpa menyebabkannya jadi berantakan, atau dicantelkan di belakang monitor. Mini PC tersebut bekerja secara hening, sehingga ia dapat mudah Anda sembunyikan.

MSI menyampaikan, Cubi 2 Plus akan mulai tersedia secara global di awal bulan Maret 2016, namun sang produsen PC dan komponen asal Taiwan itu belum mengungkap harga dari masing-masing tipe.

Sumber: MSI.com.