1 November 2016

by Oki Rosgani

Mini PC Teranyar Racikan Gigabyte Ini Hadir dengan Dukungan Chipset 'Apollo Lake'

Dijual sebagai mesin barebone sehingga pengguna dapat memilih sendiri besaran RAM, kapasitas penyimpanan dan sistem operasinya.

Keberadaan dari perangkat komputasi desktop dengan desain tower atau mini tower boleh jadi tengah stagnan, namun keberadaan perangkat komputasi mini berdesain mungil justru malah terlihat sebaliknya karena perangkat komputer model ini tengah ramai dirilis oleh sejumlah produsen.

Terlebih ketika keberadaannya telah pula didukung oleh sang produsen chipset, salah satunya adalah Intel yang kini sudah melahirkan sejumlah prosesor baru khusus untuk menyasar perangkat komputasi model ini.

Baru-baru ini, salah satu produsen komputasi terkemuka, Gigabyte, menelurkan perangkat yang mereka sebut sebagai Ultra Compact PC Kit teranyarnya untuk melengkapi lini Brix besutannya. Kendati memiliki desain dan ukuran yang nyaris serupa dengan perangkat Brix varian sebelumnya, model teranyar ini telah hadir dengan dukungan prosesor Intel Celeron N3350 "Apollo Lake".

Perangkat mini PC yang memiliki nama seri Gigabyte Brix GB-BPCE-3350 ini merupakan sebuah CPU mungil berdimensi 4.5″ x 4.2″ x 2.2″ yang ditopang dengan prosesor Intel dual-core berdaya 6-watt serta mendukung penggunaan RAM hingga 8 GB.

Menariknya, sebuah CPU berukuran mungil yang sejatinya merupakan barbone PC ini juga masih menyisakan ruang bagi pengguna untuk menjejalkan harddisk atau SSD berukuran 2.5 inci ke dalamnya.

Pada perangkat Brix GB-BPCE-3350 ini, pihak Gigabyte juga telah menyediakan sejumlah port seperti HDMI 2.0, VGA, micro SD,port headset untuk audio, dua buah port USB 3.0 dan Ethernet.

Sebagai perangkat barbone PC, pada perangkat ini Gigabyte hanya menyediakan casing,power supply, prosesor dan dukungan koneksi Bluetooth serta WiFi dengan standar 802.11ac, sehingga nantinya pengguna dapat memilih sendiri besaran RAM, kapasitas harddisk serta sistem operasi apa yang akan digunakan.

Informasi detail mengenai spesifikasi dan dukungan dari perangkat Brix GB-BPCE-3350 ini dapat dilihat melalui website resmi mereka melalui tautan berikut ini.

Sumber: Liliputing | Gambar Header: Gigabyte