11 March 2016

by Yoga Wisesa

Mini PC Zotac Zbox Magnus EN980 Kabarnya Sanggup Tangani Headset Virtual Reality

Buat memastikan device tetap sejuk, Zotac menggunakan sistem pendingin berbasis cairan.

Di kalangan power user, Zotac ialah salah satu brand favorit saat mereka menginginkan komponen komputer mumpuni di harga bersaing. Namun pelan-pelan Zotac juga memupuk reputasi dalam peracikan PC-PC berukuran mungil, hingga akhirnya produsen dari Macau ini berpartisipasi sebagai salah satu vendor penyedia platform hardware Steam Machines.

Setelah mencoba menggantikan perangkat hiburan utama di ruang keluarga dengan PC semi-portable, Zotac mengumumkan kesiapannya menyongsong era virtual reality. Mereka menyingkap model teranyar di keluarga Zbox, yaitu Magnus EN980. Menurut Zotac, ia menyimpan kekuatan setara dekstop gaming premium, melampaui spesifikasi rekomendasi buat menopang headset VR.

Sejauh ini Zotac baru men-tease konsumen dengan memperlihatkan sisi atas Zbox Magnus EN980. Dari satu gambar itu, kita bisa melihat bahwa mini PC mempunyai tubuh berwarna putih dengan lubang-lubang sirkulasi udara berpola heksagonal. Berdasarkan penjelasan singkat sang produsen, casing tersebut mengusung prinsip minimalis, diramu untuk 'mengedepankan gaya dan fungsi'.

Sedikit sulit memprediksi letak konektivitas fisiknya, namun di laman news, Zotac menyebutkan dual Gigabit LAN, sejumlah port USB 3.0, sebuah port USB 3.1 type-C, HDMI dan DisplayPort (dari laporan TechReport) serta dilengkapi Wi-Fi 802.11ac.

Headset VR sekelas Rift dan Vive menuntut komposisi hardware tinggi, khususnya di segi grafis. Anda memerlukan GPU GeFore GTX 970 atau AMD R9 290, barulah PC dianggap memadai. Namun dengan memiliki Magnus EN980, Anda tak perlu cemas konten virtual reality berjalan pas-pasan. Zotac memampatkan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 980 dipadu Intel Core i5 generasi keenam.

Zotac memang tidak memaparkannya secara lebih rinci. Saya sendiri memprediksi, GTX 980 di sana bukanlah versi desktop, melainkan tipe compact (bukan pula 980M) yang turut mentenagai beberapa notebook gaming high-end. Melihat susunan hardware tersebut, mereka pasti akan menghasilkan temperatur tinggi, solusi dari Zotac adalah sistem pendingin berbasis cairan, dikombinasikan bersama pipa-pipa serta heat fins.

Saat artikel ini ditulis, Zotac belum memublikasikan laman khusus berisi info detail mengenai Zbox Magnus EN980 di website. Magnus terlihat kontras dari produk Zbox lain, dan boleh jadi, pendekatan rancangannya-pun berbeda. Dan untuk sebuah produk yang diklaim sebagai mini PC, tentu kita perlu mengetahui ukurannya.

Zotac rencananya akan memamerkan Zbox Magnus EN980 secara perdana di ajang Cebit 2016 dan GDC 2016 di pertengahan bulan Maret ini.

Via Digital Trends. Sumber: Zotac.