2 January 2018

by Yoga Wisesa

Mirabook Sulap Smartphone Anda Jadi Laptop Penunjang Kerja

Selain smartphone, Mirabook juga siap mendukung Raspberry Pi serta PC stick.

Hanya beberapa tahun lalu, prediksi analis soal akhir dari era PC menghebohkan seisi industri. Pengapalan produk komputer konvensional memang terus menurun, tapi tidak berarti ranah ini sekarat. Yang terjadi hanyalah perubahan karakteristik pengguna: banyak orang beralih ke ranah DIY, kepopularitasan gaming PC meroket, lalu laptop jadi semakin ringkas serta bertenaga.

Namun sesuai perkiraan, smartphone juga terus berevolusi menjadi perangkat portable serbaguna. Dan menurut Miraxess, kita hanya perlu membubuhkan aksesori yang pas buat mengubah handset menjadi alat pendukung aktivitas produktif optimal. Anda mungkin sudah sering memanfaatkan keyboard portable untuk mengetik di smartphone, tapi developer asal Perancis ini mencoba menawarkan satu solusi all-in-one.

Lewat Indie Gogo, mereka memperkenalkan Mirabook, sebuah aksesori unik yang mampu menyulap smartphone biasa jadi laptop. Wujudnya betul-betul menyerupai notebook clamshell tradisional. Mirabook mempunyai layar, keyboard, touchpad, dan konektivitas fisik esensial. Tubuhnya berdimensi 320x220x15mm dengan bobot cuma 1-kilogra, menyuguhkan panel IPS seluas 13-inci beresolusi 1080p.

Tubuh Mirabook terbuat dari aluminium, memanfaatkan smartphone Anda sebagai unit utama pengolah data. Itu artinya, temperatur yang dihasilkan olehnya sangat minimal. Lalu tanpa kehadiran kipas, Mirabook beroperasi dengan hening. Fitur spesial lain di aksesori ini terdapat pada kemampuan ala power bank-nya. Saat tersambung, Mirabook dapat mengisi baterai smartphone Anda secara terus-menerus hingga 10 jam.

Mirabook saat ini kompatibel dengan sejumlah handset Android (dan Windows Phone) yang memiliki port USB type-C, di antaranya: Samsung Galaxy S8, LG G5, LG V34, LG V20, HTC U Ultra, HTC 10, Asus ZenFone 3 Ultra, HP Elite x3, Acer Liquid Jade Primo, Microsoft Lumia 950, dan Lumia 950 XL. Miraxess juga berjanji untuk memperluas kompatibilitas Mirabook agar mendukung produk Xiaomi, Nokia, LeEco, OnePlus, Huawei, Google Pixel, Motorola, Sony, BlackBerry, dan Oppo via adaptor universal.

Selain kelengkapan standar, Mirabook turut dibekali port HDMI, dua buah USB type-A, slot kartu SD, audio jack, serta sepasang speaker 'premium'. Dan karena smartphone yang sebetulnya bekerja, Anda tetap ditunjang jaringan 4G, GPS serta Wi-Fi. Uniknya lagi, Mirabook tak cuma dapat 'diotaki' oleh smartphone, tapi juga dapat disambungkan ke Raspberry Pi serta PC-PC stick.

Kampanye crowdfunding Mirabook sudah rampung berbulan-bulan silam, namun produk ini tetap bisa Anda pesan di Indie Gogo seharga mulai dari US$ 250. Tersedia pilihan warna hitam, biru, merah, hijau, kuning dan merah muda.