Categories

Gadget

Mirip iPod Shuffle, Perangkat Ini Bisa Memutar Musik dari Spotify Tanpa Terhubung ke Ponsel

Hanya membutuhkan syncing satu kali, selanjutnya bisa beroperasi secara mandiri

Glenn Kaonang - 24 February 2016

Alat pemutar musik super-mungil macam iPod Shuffle sangatlah ideal untuk menemani kita beraktivitas fisik sehari-harinya. Sayangnya perangkat tersebut masih menganut cara lama, dimana proses syncing dengan iTunes masih terasa cukup merepotkan, apalagi di era streaming musik seperti sekarang ini.

Kita bisa saja berlari atau bersepeda selagi menikmati layanan streaming musik dengan bantuan smartphone. Tapi tidak semua orang suka membawa smartphone-nya saat sedang berolahraga. Cukup banyak yang ingin memanfaatkan waktu berolahraga untuk menjauh dari keramaian di media sosial, dan fokus pada kebugaran tubuhnya.

Balik lagi ke iPod Shuffle, bagaimana misalnya kalau ada perangkat semacam ini, tapi yang bisa memutar musik dari layanan streaming secara mandiri? Mandiri maksudnya tidak harus ditemani oleh smartphone, yang berarti pengguna bisa jogging dengan hanya ditemani sepasang earphone dan perangkat berukuran mini tersebut.

Kalau itu yang Anda cari, maka Anda akan tersenyum melihat perangkat keluaran startup Mighty Audio ini. Mereka merancang 'kembaran' iPod Shuffle yang dapat memutar musik dari layanan streaming Spotify. Perangkat bernama Mighty ini sangat mungil, dan bagian belakangnya bisa dijepitkan ke pakaian atau baju sehingga aktivitas fisik Anda tidak akan terganggu.

Mighty tidak butuh koneksi internet. Saat pertama menggunakan, Anda akan diminta untuk menyambungkan Mighty ke smartphonevia Bluetooth atau Wi-Fi. Menggunakan aplikasi pendampingnya, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Spotify Premium. Dari situ proses syncingplaylist maupun lagu yang sudah Anda simpan secara offline di aplikasi Spotify bisa dimulai.

Mighty punya kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB, atau kurang lebih setara 48 jam konten musik di Spotify. Setelah proses syncing selesai, pengguna pun bisa segera berolahraga selagi menikmati musik dari Spotify bersama Mighty secara offline. Baterainya diperkirakan bisa bertahan hingga lima jam – kemungkinan besar Anda akan merasa capai duluan.

Sama seperti iPod Shuffle, Mighty tidak memiliki layar. Layout tombolnya bahkan sangat menyerupai milik iPod Shuffle. Hanya saja, Mighty punya tombol ekstra yang berfungsi untuk mengganti playlist. Saat tombol ditekan, pengguna akan mendengar nama playlist dalam wujud petunjuk suara.

Konsep yang dibawa Mighty ini terdengar sangat praktis. Pengguna memang harus melakukan proses syncing di awal, tapi setelahnya, Mighty bisa digunakan secara mandiri tanpa koneksi internet sama sekali – dan lagi proses syncing-nya juga jauh lebih simpel daripada memakai iTunes. Bagi yang tertarik, ia sekarang sudah bisa dipesan lewat Kickstarter seharga $75 – harga retail-nya akan naik menjadi $109.

Sumber: Cult of Mac.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter