Categories

Gadget

Mirobot Adalah Robot Penggambar yang Bisa Diprogram Lewat Browser

Glenn Kaonang - 20 May 2015

Kalau kita dulu hobi bermain kelereng, anak-anak zaman sekarang lebih memilih untuk coding. Kita mendirikan istana pasir, mereka merakit robot. Jangan terburu-buru menilai bahwa mereka butuh tambahan aktivitas fisik, karena pada dasarnya hobi mereka itulah yang membentuk gaya hidup digital kita semua sekarang.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan hobi para programmer muda kita. Mereka senang sekali dengan code dan robot, bukan? Mari kita beri mereka keduanya, dalam satu paket yang sama.

Mirobot adalah sebuah robot yang tepat untuk dijadikan kado ulang tahun bagi mereka. Mereka dapat merakit sendiri set robot ini, lalu memprogramnya untuk menggambar berbagai objek.

Sama seperti hasil akhirnya, Mirobot awalnya terlahir dari sebuah proyek DIY. Tahun lalu, prototipe-nya diperkenalkan via Kickstarter untuk diuji oleh ratusan orang, dan sekarang versi finalnya pun telah menembus target crowdfunding yang ditetapkan.

Info menarik: mDrawBot Ialah Set Robot Penggambar Otomatis yang Bisa Dibongkar-Pasang

Mirobot benar-benar dirancang untuk menjadi pemenuh hasrat anak-anak yang masih berusia amat dini sekalipun. Mereka bisa belajar konsep merakit sebuah robot, dan di saat yang sama orang tua tak perlu khawatir karena Mirobot sama sekali tidak melibatkan objek-objek kecil yang mudah tertelan, seperti misalnya sekrup, pengikat atau bahan perekat.

Bagian-bagian sasis Mirobot bisa dikaitkan dengan mudah tanpa alat bantu. Setelah selesai merakit dan memasangkan empat buah baterai AA sebagai sumber tenaganya, saatnya memprogram Mirobot agar ia bisa mulai mengawali karirnya sebagai seniman.

Mirobot menggunakan electronic board Arduino yang 100% open-source. Artinya, jika Anda cukup paham tentang Arduino, Anda bisa memodifikasi 'otak' milik Mirobot ini sesuai selera masing-masing.

Info menarik: Robot Imut Ini Bisa Dikustomisasi dengan Sistem Open-Source

Namun yang paling menarik adalah metode-metode yang bisa dipilih untuk mengontrol Mirobot. Sang pengembanganya, Ben Pirt, telah merancang sejumlah web app yang bisa diakses melalui browser.

Tingkat kesulitannya pun beragam, sehingga mereka yang sudah cukup berpengalaman di bidang pemrograman bisa memilih web app yang lebih kompleks. Instruksi-instruksi yang diberi akan diterima oleh Mirobot lewat Wi-Fi, dan usai menerimanya, ia siap berlalu-lalang selagi menggambar berbagai objek geometris di atas kertas.

Mirobot saat ini sudah memasuki tahap produksi, dan para backer-nya di Kickstarter hanya tinggal menunggu kiriman saja. Soal harga, pledge terakhir di masa kampanyenya berkisar £60 (± Rp 1,25 juta).

Via: Designboom.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter