12 April 2017

by Glenn Kaonang

Misfit Flare Adalah Fitness Tracker Minimalis Seharga 800 Ribuan

Fitness dan sleep tracking akan berjalan secara otomatis, plus bisa dimanfaatkan sebagai tombol pintar dengan beragam fungsi

Selain Fitbit, Misfit adalah nama lain yang tergolong senior di ranah perangkat wearable. Setelah memperkenalkan smartwatch Android Wear pertamanya, Misfit kini kembali ke akar spesialisasinya lewat sebuah fitness tracker minimalis bernama Flare.

Flare secara spesifik didesain untuk pengguna yang benar-benar cuma membutuhkan activity tracking, tanpa embel-embel notifikasi maupun fitur-fitur bersifat gimmicky yang kerap ditawarkan perangkat lain. Dengan Flare, Misfit sengaja menarget konsumen yang baru ingin mencicipi activity tracking tanpa harus menyiapkan modal besar.

Secara fisik Flare sangatlah simpel sekaligus minimalis. Bodinya terbuat dari aluminium plus tahan air hingga kedalaman 50 meter. Di wajahnya hanya terdapat LED tunggal yang berperan sebagai indikator progress ketika pengguna mengetuknya sebanyak dua kali; satu kedipan berarti progress sudah berjalan 25%, 2 kedipan 50%, 3 kedipan 75%, dan saat target telah tercapai akan tampak animasi yang menyenangkan.

Wajah Misfit Flare dihuni oleh panel sentuh kapasitif dan indikator LED tunggal / Misfit

Soal tracking, Flare akan memonitor jumlah langkah kaki, kalori yang terbakar dan jarak tempuh secara otomatis. Flare bahkan bisa dipakai untuk memonitor aktivitas berenang, dengan catatan Anda bersedia membeli in-app upgrade sebesar $10. Saat Flare Anda pakai selagi tidur, ia juga akan memonitor pola tidur Anda dengan sendirinya.

Sebagai bonus, Flare rupanya juga kompatibel dengan aplikasi Misfit Link, dimana pengguna bisa mengetuk wajahnya sebanyak tiga kali untuk mengaktifkan beragam fungsi: mengaktifkan tombol shutter kamera pada smartphone, mengendalikan slide presentasi atau mengontrol perangkat smart home.

Misfit Flare saat ini telah dipasarkan seharga Rp 857.400, seperti yang tertera pada situs resminya, dengan satu pilihan warna saja. Flare menggunakan baterai kancing yang biasa ada pada jam tangan, dengan daya tahan sekitar 4 bulan.

Sumber: Misfit.