Keterbatasan akses keuangan masih menjadi isu besar bagi negara berkembang, termasuk Indonesia. Dibutuhkan berbagai solusi inovatif yang dihadirkan perusahaan untuk menyelesaikan masalah tersebut. 2C2P, pemain payment gateway berbasis di Singapura, menjadi salah satu pemain yang berkomitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi agar tetap sejalan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

“2C2P untuk Indonesia berfokus pada merchant domestik yang ingin mengembangkan bisnisnya di pasar internasional dan sebaliknya, merchant asing yang ingin mengembangkan lini bisnis di pasar domestik,” terang Public Relations & Marketing Communications Manager 2C2P Maurine Mawardi kepada DailySocial.

Meski pihaknya enggan memberi tahu beberapa inovasi yang akan diumumkan, secara garis besar 2C2P akan menyediakan sistem pembayaran yang sejalan dengan program cashless society yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat maupun pelaku bisnis e-commerce. Dalam mengadakan inovasi ini, menurut Maurine, pihaknya akan menggandeng mitra lokal.

“Kami menghadapi banyaknya pemain payment gateway domestik yang sudah dikenal lebih dulu di pasar Indonesia. Dalam menjawab tantangan tersebut, tahun ini kami akan mulai menjalankan program brand awareness secara bertahap.”

Maurine menjelaskan lebih lanjut, selain beroperasi secara regional, 2C2P menawarkan fasilitas seperti Professional Services dan ACS system untuk memproses transaksi Three Domain Secure (3DS). Professional Services disediakan untuk bank dan perusahaan switching dalam rangka memenuhi kebutuhan sistem pembayaran yang dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan domestik.

Keunikan lainnya, 2C2P memiliki cabang tersebar di Asia Tenggara dan bermitra dengan hampir seluruh bank maupun non bank. Sehingga perusahaan dapat membantu merchant di Indonesia untuk go global dengan menerima pembayaran tidak hanya dari kartu kredit, tetapi juga transfer antar bank dan convenience store yang ada di Asia Tenggara.

“Kami membantu partner kami untuk dapat melayani lebih dari 600 juta pelanggan di Asia Tenggara baik banked maupun non banked customers.”

Pencapaian bisnis di Indonesia

Secara global, 2C2P telah beroperasi di Kamboja, Thailand, Filipina, Myanmar, Malaysia, Amerika Serikat, Vietnam, Hong Kong, Laos. Di Indonesia sendiri, 2C2P telah hadir sejak 2011. Maurine mengaku sejak dua tahun terakhir, bisnis 2C2P di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan, naik 200% dibandingkan tahun 2016. Kenaikan ini dipicu maraknya pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia.

Untuk sisi mitra, jumlah mitra 2C2P meningkat pesat karena berhasil bermitra dengan berbagai bank ternama, dua convenience store besar serta beberapa payment point lainnya. Bila ditotal mencapai 200 ribu payment point di seluruh Indonesia dan 320 ribu payment point di Asia Tenggara.

“Target kami adalah menjadi best payment service provider di pasar global dalam dua tahun ke depan. Serta dapat terus berkontribusi untuk Indonesia dengan memberikan inovasi terbaik, sehingga Indonesia menjadi pemain besar dalam industri e-commerce dan sistem pembayaran di pasar global,” pungkas Maurine.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.