Categories

Interview

Misi Playable Kids Mengedukasi Anak dengan Konten Berkualitas

Akan resmi hadir pada September 2018 mendatang, menyediakan lebih dari 50 video edutainment

Marsya Nabila - 5 July 2018

Penggunaan internet yang berlebihan di satu sisi jadi suatu kekhawatiran bagi para orang tua ketika anaknya terlalu sering memegang smartphone karena mudahnya mendapatkan konten. Playable Kids berusaha mengatasi kekhawatiran tersebut dengan menyediakan konten edutainment berisi video dan konten yang didesain khusus untuk anak.

Dari riset yang dilakukan Playable Kids, ditemukan bahwa perilaku anak-anak dalam berinternet sangat tidak kondusif. Penelitian yang dilakukan Netmums terhadap kurang lebih 800 anak berumur 7-16 tahun dan 1.000 orang tua menunjukkan bahwa sebanyak 16,7% orang tua mengizinkan anak berumur 3 tahun atau bahkan lebih kecil untuk online di smartphone.

Sebanyak 42,1% anak mengakui telah melihat konten pornografi secara online, 25% anak berpura-pura telah dewasa agar bisa memiliki akun media sosial, 29% orang tua membiarkan anaknya online tanpa pengawasan, lebih dari 700 konten pornografi yang beredar melibatkan anak.

Berangkat dari hasil di atas, Playable Kids memutuskan untuk tidak hanya fokus edukasi dan game interaktif, tapi juga fokus ke konten edutainment. Seluruh konten tersebut bisa diakses melalui smartphone.

“Industri ini masih cukup luas dan belum terlalu banyak pemain, masih di ranah blue ocean,” terang Co-Founder dan CMO Playable Kids Marissa Noriti kepada DailySocial.

Marissa mengatakan konten Playable Kids dibuat tim yang telah berpengalaman di dunia anak. Biasanya tim mendapatkan inspirasi dari pengamatan sehari-hari. Dari situ diharapkan pihaknya dapat menghasilkan konten-konten yang berkualitas dan disukai anak.

Ditargetkan sampai akhir tahun ini akan tersedia lebih dari 50 konten edutainment yang siap dirilis pada September mendatang. Konten akan terus diperbanyak. Rencananya pada 2019 mendatang Playable Kids sudah memiliki 300 konten ramah anak.

“Kami masih menyempurnakan produk Playable Kids. Versi beta sudah launching di Play Store. Untuk versi full-nya akan launching di September 2018 ini, disertai kurang lebih 50 konten edutainment.”

Untuk monetisasinya, Playable Kids menetapkan sistem berlangganan. Harganya berkisar Rp15 ribu sampai Rp30 ribu per bulannya. Selain memproduksi konten, Playable Kids juga menyediakan fitur school management system dan parental control untuk membantu orang tua memonitor perkembangan anaknya di sekolah.

Saat ini Playble Kids tergabung sebagai salah satu peserta dari tujuh startup yang mengikuti program GnB Accelerator batch ke-4. Setiap peserta berhak mendapatkan pelatihan, mentoring, hingga mendapat pendanaan sebesar US$50 ribu (sekitar Rp710 juta) sebagai investasi awal.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id