7 January 2016

by Bambang Winarso

MIUI 7.1 Versi Global Stable Sudah Tersedia, Apa yang Baru?

MIUI 7.1 memboyong sejumlah fitur baru dan juga perbaikan versi sebelumnya

Selang dua bulan setelah merilis MIUI 7, beberapa hari yang lalu – jadwalnya 5 Januari 2016 - Xiaomi kembali melepas pembaruan terkini untuk perangkatnya dengan menggunakan versi MIUI 7.1. Sejumlah perbaikan dan fitur baru pun dihadirkan di versi Stable global ini untuk sejumlah perangkat Xiaomi, antara lain Mi 2/2S, Mi 3, Mi 4, Mi Note, Mi 4i, Redmi Note 4G, Redmi 2 / Prime, Redmi 1S, Redmi Note Prime, Redmi Note 2, Redmi Note 3G dan Mi Pad.

Xiaomi mengatakan bahwa update ini digulirkan secara bertahap, jadi meskipun Anda merupakan pemilik pemilik dari perangkat-perangkat yang disebutkan di atas, bisa jadi Anda sudah dapat menjumpai ketersediaan MIUI 7.1 di System Update. Tapi jika ternyata belum, Anda dapat mengunduh dan memasangnya secara manual. Seluruh berkas yang dibutuhkan sudah disediakan oleh Xiaomi di tautan ini.

Dalam pembaruan kali ini Xiaomi tampak mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan baik. Sejumlah besar fitur baru ditambahkan plus perbaikan di beberapa bugs serta melakukan tambalan di beberapa bagian di versi sebelumnya.

Beberapa hal penting yang dihadirkan antara lain di bagian layar home, di mana Xiaomi mencoba melakukan optimalisasi dengan meningkatkan kecepatan saat membuka folder dan pengoperasiannya yang mulus. Sentuhan efek animasi aplikasi pihak ketiga juga dibuat menyatu demi menghilangkan delay ketika menjalankan aplikasi.

Perhatian serius Xiaomi tampak jelas dari hadirnya sejumlah fitur baru di komponen File Explorer. Di antaranya tambahan fitur private folder, penyesuaian waktu di berkas penting, fitur menambahkan folder yang sudah ada ke folder private, path restore, kemampuan memindahkan berkas di folder private, enkripsi, notifikasi manajemen ruang simpan perangkat, dan default video player.

Sentuhan seru lainnya terdapat di penambahan fitur yang sebelumnya juga belum pernah ada. Seperti fitur Mi Drop yang berguna untuk memudahkan pengiriman berkas dari dan ke perangkat Xiaomi melalui jaringan WiFi. Kemudian disempurnakan oleh kedatangan fitur Doodle yang dirancang khusus bagi pengguna penggemar editing foto dan pengaturan musik baru untuk mendukung Mi Piston.