April tahun lalu, Twitch resmi menjadi platform distribusi video game seperti Steam. Ide yang ditawarkan Twitch ini terbilang menarik karena streamer jadi bisa mendapatkan penghasilan tambahan lewat game yang dibeli oleh penonton melalui channel mereka masing-masing. Persentasenya memang tidak besar, hanya 5%, tapi kalau dikalikan tetap saja lumayan.

Kini, Microsoft mencoba menerapkan langkah serupa pada layanan live streaming interaktifnya, Mixer. Ke depannya, penonton bisa membeli game maupun DLC langsung dari jendela live streaming yang disimaknya. Sekian persen dari nilai transaksinya (tidak ada informasi pasti berapa) akan masuk ke kantong para streamer.

Fitur ini mereka sebut dengan istilah Mixer Direct Purchase dan saat ini sedang dalam masa uji coba. Saat dirilis nanti, game dan DLC yang bisa dibeli adalah yang berasal dari Microsoft Store sendiri, baik game PC maupun Xbox. Tentu saja sudah ada rencana untuk menambahkan katalog game dari platform lain, seperti rute yang diambil oleh Twitch.

Selain Direct Purchase, Mixer juga akan kedatangan fitur untuk memberikan tip (donasi) kepada para streamer langsung dari platform Mixer sendiri, tanpa harus mengandalkan bantuan layanan pihak ketiga. Lalu untuk pengguna Xbox One, mereka nanti dapat men-subscribe ke channel spesifik langsung dari aplikasi Mixer di console tersebut.

Apa yang dilakukan Microsoft ini sejatinya merupakan upaya untuk membantu menyejahterakan komunitas streamer Mixer, memotivasi mereka untuk terus memproduksi konten selagi menjaring lebih banyak penggemar. Di saat yang sama, fitur Direct Purchase bisa menjadi alat untuk mendorong tingkat penjualan game di Microsoft Store.

Sumber: Engadget dan Mixer.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.