Industri teknologi dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir berkembang pesat. Nama-nama seperti Apple, Google, Amazon hingga Alibaba mulai dikenal khalayak ramai. Jangkauan produk atau layanan mereka mulai menyebar ke banyak wilayah, menjelma menjadi perusahaan raksasa.

MKM Partners dalam sebuah laporan memprediksi bahwa dalam tiga tahun ke depan setidaknya akan ada perusahaan teknologi yang valuasinya mencapai $1 triliun. Nama-nama seperti Apple, Alphabet, Amazon, Facebook, Tencent dan Alibaba menjadi kandidat yang diprediksikan akan mencapai valuasi tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan yang dihimpun tim MKM Partner.

Sejauh ini dari data yang dihimpun oleh MKM Partners Apple menjadi salah satu yang paling dekat dengan valuasi $1 triliun. Perusahaan yang cukup sukses dengan iPhone dan Macbook tersebut saat ini diperkirakan memiliki valuasi sebesar $750 miliar. Antusiasme terhadap produk baru Apple seperti iPhone 8 hingga iPhone X dinilai menjadi salah satu yang akan mempengaruhi pertumbuhan ke depannya. Per 2019 diprediksikan Apple akan menyentuh angka valuasi $1 triliun.

Selanjutnya Alphabet, perusahaan induk dari Google juga diprediksi akan sampai pada valuasi $1 triliun dalam tiga tahun ke depan. Google yang masih menjadi mesin pencari paling populer ditambah dengan produk lainnya seperti Youtube, Gmail, hingga Android juga dikenal baik di masyarakat menjadi salah satu hal mempengaruhi. Pertumbuhan Google dalam tiga tahun terakhir, ditambah dengan revenue Youtube yang terus tumbuh bisa menjadi faktor Google dalam mencapai $1 triliun.

Daftar selanjutnya adalah Facebook. Media sosial populer di dunia ini akan berhasil mendapatkan valuasi $1 triliun dalam dua sampai tiga tahun ke depan jika mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan peningkatan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Dari prediksi MKM Facebook akan mendapatkan peningkatan 30% pertumbuhan untuk tahun 2018.

Bisnis monetisasi pesan instan dan fitur-fitur baru yang disematkan ke dalam Facebook akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. Sebagai layanan media sosial Facebook dari tahun ke tahun melakukan inovasi dan strategi yang agresif. Akuisisi terhadap WhatsApp dan Instagram bisa jadi kunci pertumbuhan dari Facebook untuk tahun-tahun berikutnya.

Tak ketinggalan yang masuk daftar adalah Amazon. Perusahaan yang punya banyak sekali layanan populer ini berpeluang mendapatkan valuasi $1 triliun ditinjau dari pertumbuhannya beberapa tahun belakangan. Dari data MKM Partners dalam satu tahun terakhir penjualan Amazon mengalami peningkatan. Beberapa layanan Amazon seperti AWS dan layanan penjualan mengalami lonjakan. Salah satu faktor yang dinilai bisa mempercepat peningkatan valuasi adalah ekspansi ke pangsa pasar baru. Seperti yang baru-baru ini dilakukan Amazon yang mulai masuk ke pasar Asia Tenggara.

Dari data yang dikeluarkan MKM data yang cukup menarik adalah masuknya Tencent dan Alibaba. Dua perusahaan asal Tiongkok ini memang tengah “bersinar”, terutama di regional Asia. Alibaba dan Tencent sama-sama memiliki portofolio produk yang cukup beragam dan populer. Selain itu keduanya juga menjadi investor yang cukup aktif untuk pasar Asia Tenggara di mana disebut-sebut memiliki potensi yang cukup bagus untuk ekonomi digital. Capaian Tencent dan Alibaba bisa sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan pasar dan akuisisi terhadap layanan mereka yang banyak tersebar.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.