1. Startup

MNC Group Rencanakan Kembangkan Mesin Pencari Tahun Depan

MNC Group berencana untuk masuk ke dunia digital dengan mengembangkan sebuah mesin pencari. Calon pesaing layanan pesaing milik Google ini akan mulai dikembangkan mulai tahun 2013 mendatang.

Rencana tersebut dipaparkan langsung oleh CEO MNC Group Harry Tanoesoedibjo. Seperti dikutip oleh Bisnis Indonesia, rencana ini diumumkan oleh Harry setelah acara peresmian Rakuten Expo 2012 di Jakarta, Senin kemarin. Harry yakin Indonesia bisa membuat mesin pencari yang mumpuni sehingga tidak tergantung dengan layanan Google.

Untuk membangun mesin pencari ini, MNC akan bekerja sama dengan pihak asing. Kerja sama ini dibutuhkan mengingat latar belakang bisnis MNC yang lebih banyak ke bisnis tradisional dibandingkan dengan bisnis digital. Meski telah memastikan akan menggandeng pihak asing, Harry belum dapat memastikan pihak yang akan diajak kerja sama. MNC sendiri sebelumnya telah terjun ke dunia digital dengan membuat situs e-commerceRakuten bersama dengan Rakuten Jepang.

MNC memutuskan untuk bergerak ke arah bisnis digital, karena melihat potensi bisnis dalam bidang ini. Menurut Harry, pengguna internet Indonesia akan cepat bertumbuh, terutama pada tahun 2016.

Bidang mesin pencari sendiri bukan bidang yang sepi peminat. Selain Google, banyak perusahaan telah memberikan layanan serupa untuk menyaingi layanan pencarian dari Google. Selain Microsoft dengan Bing-nya dan Yahoo!, ada juga pesaing seperti Wolfram Alpha yang memberikan pengalaman berbeda dalam mencari dengan sebuah kata kunci. Tetapi sampai saat ini, sepertinya belum ada yang bisa benar-benar mengimbangi Google dalam hal ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again