1. Startup

MNC Media Group Mulai Agresif dengan Startup, Giliran Paktor Menerima Pendanaan

Peningkatan penerimaan Paktor 100 kali lipat mencuri perhatian investor

Social datingplatform asal Singapura Paktor mengklaim pendanaan dari MNC Media Group dalam jumlah yang tidak disebutkan. Paktor menjadi portofolio terbaru MNC Media Group, setelah sebelumnya perusahaan tersebut turut mengucurkan dananya ke BrandOutlet, MeTube, KerjaDulu, dan MisterAladin di pasar Indonesia.

Berhasil mengakuisisi dua juta pengguna di Indonesia, mengukuhkan posisi Paktor sebagai salah satu social dating platform di pasar Asia Tenggara. Dengan total tujuh juta pengguna terdaftar, Paktor mencatatkan traksi yang menawan. Seperti 15 juta match tiap bulan, menempati peringkat pertama aplikasi kencan dengan kategori top grossing di Asia, dan top grossing di toko aplikasi Singapura.

Delapan bulan yang lalu, Paktor juga telah mendapatkan pendanaan Seri B senilai lebih dari 98 miliar Rupiah dari grup investor, salah satunya investor yang berbasis di Indonesia Convergence Ventures.

“Fokus Paktor untuk memonopoli di tahun 2015, membuahkan hasil yang menguntungkan, dengan pendapatan aplikasi yang lebih dari 100 kali lipat di tahun tersebut, kami berharap untuk dapat mencapai pendapatan hingga mencapai puluhan juta US Dollar di tahun 2016. Mengangkat Negara Taiwan sebagai contoh: Kami hanya di belakang aplikasi Line dalam urutan sebagai top grossing aplikasi di kategori tersebut, and memimpin industri kencan dibandingkan pemain lainnya,” ujar CEO Paktor Joseph Phua dari siaran yang kami terima hari ini (8/3).

Memiliki revenue yang membanggakan, menarik pihak MNC Media Group untuk mengucurkan dana tambahan untuk Paktor mencapai ambisi demi ambisinya di pasar yang lebih luas. MNC Media Group menambahkan Paktor ke dalam jajaran portofolionya yang nampaknya daftar tersebut akan segera bertambah panjang.

“Dengan support dari MNC, Saya percaya kami dapat melakukan hal yang sama di Indonesia, dan lebih memperkuat posisi kami dan memimpin di kawasan Asia,” tambah Joseph.

[Baca juga:Paktor Ungkap Peran Dating App dalam Menghubungkan Masyarakat di Asia Tenggara]

Tidak ada pernyataan mengenai jumlah angka pendanaan diterima yang dikatakan oleh Paktor, begitu juga KerjaDulu, BrandOutlet, dan MisterAladin. Namun beberapa kompak meyakinkan bahwa dana tersebut besar, cukup besar sehingga MisterAladin percaya diri untuk menggeser Traveloka sebagai market leader.

Agresivitas MNC Media Group ini ditengarai akan berlanjut, mengingat persaingan di ranah digital dari perusahaan konglomerat mulai mencuat. Lippo telah memulainya tahun lalu, grup Salim baru saja mengumumkannya beberapa minggu lalu. Bukan tidak mungkin jika MNC Media Group memutuskan untuk mengucurkan dananya ke online marketplace yang lebih umum setelah kegagalan kemitraannya dengan Rakuten, yang akhirnya berujung pada penutupan operasional Rakuten di Indonesia.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again