Categories

Interview

MNC Play Siap Rambah Layanan Smart Home

Perangkat rumah tangga bisa diotomasi dan diakses lewat aplikasi di smartphone.

Marsya Nabila - 1 August 2016

PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play), anak usaha MNC Grup, mengungkapkan siap merambah layanan Smart Home pada akhir tahun ini. Layanan ini nantinya akan mulai dijual saat acara pameran gadget tahunan Indocomtech 2016 pada November 2016.

Oscar Prajnaphalla, Marketing Communication Manager MNC Play, mengatakan saat ini di Indonesia pemain penyedia layanan jaringan broadband belum banyak yang sepenuhnya terjun di layanan Smart Home, sebagian besar masih setengah-setengah misalnya hanya menyediakan kamera CCTV saja tanpa jaringan TV kabel, atau lainnya.

"Kami siap meluncurkan Smart Home, rencananya saat ajang pameran Indocomtech 2016 di November 2016 nanti," ujarnya saat mengunjungi kantor DailySocial, Senin (1/8).

Langkah awal pemasaran perusahaan, akan menawarkan ke seluruh pelanggan existing yang tersebar di enam kota, beberapa diantaranya Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, dan Medan. Target pasarnya dikerucutkan untuk kelompok menengah atas dengan tingkat mobilitas tinggi.

Pengalaman baru yang siap diberikan adalah mengendalikan perangkat rumah tangga lewat smartphone, termasuk kamera CCTV, alarm rumah, membuka atau menutup pintu gerbang, gorden, menyalakan atau mematikan lampu dan AC, dan lain-lain. Intinya, lanjut Oscar, berbagai perangkat rumah tangga bisa diotomasi dan diakses lewat aplikasi di smartphone.

Pihaknya optimis layanan baru ini bisa menarik perhatian konsumen, mengingat permintaan (demand) sudah ada, tapi penawaran (supply) belum. Biaya yang dikenakan memang cukup mahal, meskipun belum bisa diungkapkan untuk umum. Menurutnya, biaya tersebut hanya dikeluarkan satu kali saat pertama kali mendaftar.

"Memang agak mahal, tapi ini one time only. Jadinya biaya hanya dikeluarkan saat pertama kali daftar, pelanggan akan dapat hardware-nya, pemasangan, hingga instalasi. Ke depannya kami akan coba buat fasilitas cicilan untuk pelanggan yang tertarik."

Ke depannya, perusahaan akan menambah sejumlah fitur baru untuk penyempurnaan layanan smart home. Contohnya, mengatur persentase (tingkat terang dan redup) nyala lampu, pengaturan lewat voice command, dan memodifikasi alarm dengan memasukkan lagu.

Pemain baru

MNC Play termasuk pemain baru di dunia penyedia jaringan broadband yang lahir pada 2014. Sebelumnya sudah ada beberapa nama perusahaan sejenis yang beredar di Indonesia, sebut saja Indihome, First Media, CBN, Biznet, dan MyRepublic. Meski baru seumur jagung, namun MNC Play sudah merambah beberapa kota yang belum terjamah kompetitor. Meskipun demikian MNC Play mengakui ada kesulitan tertentu untuk meningkatkan cakupan, bahkan untuk kota Jakarta.

Kesulitan perluasan cakupan tersebut, juga menjadi salah satu alasan MNC Play belum memilih jalur pemasaran lewat iklan di media. Untuk itu, strategi perusahaan dalam menarik banyak konsumen caranya dengan melakukan riset pasar potensial di suatu perumahan, mulai dari mengukur luas dan penghuninya.

"Kami lakukan strategi riset pasar potensial, kebanyakan kami lebih menyasar pelanggan dari kalangan perumahan, dengan mengukur luas wilayahnya dan menghitung potensial pelanggannya," tutupnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter