1. Startup

Mobil "HERE True" yang Berperan di Balik Layar HERE Maps

Memanfaatkan teknologi Earthmine, rincian akurasi data peta seperti batas dan Point-of-Interest (POI) dapat ditingkatkan tanpa memerlukan verifikasi independen oleh penumpang manusia

HERE adalah unit bisnis Nokia (yang tidak diakuisisi Microsoft) yang berfokus untuk membangun peta digital di berbagai platform perangkat bergerak. Dalam proses pengumpulan data untuk pemetaan digital di berbagai penjuru dunia, temasuk Indonesia, HERE mendapatkan bantuan dari partisipasi masyarakat yang antusias. HERE juga memiliki sebuah Advance Collection Tools bernama HERE True yang juga berperan dalam pengumpulan data. Tetapi, apa itu sebenarnya HERE True dan apa perannya dalam pemetaan digital HERE?

HERE True sebenarnya adalah mobil yang digunakan oleh layanan HERE untuk mengumpulkan data yang akan dimanfaatkan dalam pemetaan digitalnya. Tugasnya juga tak jauh berbeda dengan mobil Street View yang dimiliki Google. Mobil HERE True dapat menangkap informasi tentang bangunan, tanda-tanda jalan dan jalan raya dan menggabungkannya bersama dalam citra panorama 360 derajat secara real-time saat bergerak pada kecepatan mengemudi normal. Sistem yang dimiliki pun sudah berjalan secara otomatis sedemikian rupa, hingga tidak memerlukan co-driver untuk mengoperasikannya secara aktif.

HERE sebenarnya cukup terlambat hadir dalam pertandingan dengan Street View di fotografi 3D untuk layanan HERE Maps-nya, tapi bukan berarti mereka tidak siap bertanding. Untuk memberikan pengalaman terbaik dalam akses peta dan lokasi, HERE True dilengkapi dengan Velodyne LiDAR system, MARS camera, GPS sensor, Earthmine, SPAN CPT dan breakout box.

Empat kamera MARS yang dilengkapi dengan 16,2-megapixel image sensors milik HERE True mampu memberikan citra panorama 360 derajat beresolusi tinggi tiap 20 kaki (6 meter) mobil bergerak. Dipasangkan dengan LiDAR system, dengan LiDAR lasser scanner yang akurat, mampu menangkap sekitar 700.000 3D titik data pada satu waktu. Sedangkan GPS sensornya mampu mendeteksi posisi mobil tiap centimeter-nya.

Yang membuat sistem HERE berbeda dengan Google Maps adalah bagaimana data dapat dimanipulasi dan menciptakan peta yang lebih mendidik. Fotografi 3D adalah penggunaan yang paling jelas bersama dengan grafis bangunan. Karena LiDAR juga merekam tanda-tanda jalan dan informasi tertulis lainnya, dengan memanfaatkan teknologi Earthmine, rincian tersebut dapat dikeluarkan dengan menggunakan pengenalan teks. Artinya, akurasi data peta seperti batas dan Point-of-Interest (POI) dapat ditingkatkan tanpa memerlukan verifikasi independen oleh penumpang manusia.

HERE True sendiri saat ini sudah beroperasi di Indonesia, dan mungkin sebagian dari Anda sudah pernah melihatnya menyusuri jalan-jalan yang ada di Indonesia. Dalam acara "Community Goes to HERE" yang diadakan oleh HERE Indonesia pada 3 Januari 2015 lalu, mobil HERE True diperlihatkan pada tamu undangan. Sayangnya pihak HERE masih belum mau berbagi banyak tentang rencana mereka dengan HERE True di Indonesia.

Saat ini HERE adalah salah satu unit bisnis penting Nokia. HERE Maps sendiri dapat menjadi alternatif peta digital yang sangat baik, terutama dengan ketersediaannya secara offline yang memang merupakan nilai lebih HERE Maps. Dengan hadirnya HERE True di Indonesia, dengan nilai investasi yang tak sedikit, HERE harusnya dapat memberikan layanan peta digital yang lebih baik lagi untuk konsumennya di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again