Categories

Otomotif

Mobil Super Mewah atau Lounge Berjalan? Atau Malah Keduanya?

Glenn Kaonang - 14 January 2015

Mobil mewah, apa saja kriterianya? Interior berbalut kulit? Sistem hiburan dalam kabin yang canggih? Masing-masing orang jelas memiliki kriteria yang berbeda-beda, akan tetapi satu hal yang pasti adalah, mobil mewah haruslah membuat penumpangnya betah berlama-lama di dalamnya.

Konsep ini sebenarnya sudah diterapkan sejak bertahun-tahun lamanya. Nama-nama seperti Rolls-Royce, Bentley dan Jaguar adalah tiga dari sejumlah produsen mobil paling mewah di dunia. Pun begitu, belum ada yang pernah menciptakan mobil seambisius Mercedes-Benz F 015 Luxury in Motion.

Begitulah nama lengkapnya, komplet dengan embel-embel di belakangnya. F 015 merupakan mobil konsep terbaru dari Mercedes-Benz yang tidak hanya dirancang semewah mungkin, namun juga sebagai sebuah lounge berjalan yang akan melengkapi gaya hidup manusia modern.

Melihat bagian eksteriornya saja sudah terasa nuansa masa depan yang dibawa. Namun demikian, bagian dalamnya-lah yang ingin kami sorot di sini.

 

Informasi menarik: smrtGRiPS Pandu Pesepeda Lewat Getaran Pada Setang

 

Skenario yang diusung F 015 adalah bagaimana penumpang dapat dimanjakan selagi mobil berjalan dengan sendirinya. Konfigurasi jok berhadap-hadapan adalah awal dari skenario ini. Lebih lanjut, jok bergaya lounge-nya dibalut oleh material kulit yang super lembut.

Bahan-bahan organik seperti kayu walnut di sekujur kabin juga dipercaya sebagai penambah kenyamanan, sedangkan aksen logam dan kaca merupakan bentuk dari kemewahan interiornya. Seperti visi yang dituju oleh Mercedes-Benz, kabin ini merupakan bentuk interpretasi dari 'kemewahan modern'.

Memanjakan penumpang tidak cukup hanya dengan menyediakan tempat bernaung yang nyaman. Kabin F 015 dilengkapi dengan enam layar sentuh yang terpasang pada bagian samping dan belakang.

Navigasi sentuh saja rupanya masih belum cukup guna membuat penumpangnya betah bermalas-malasan. Oleh karena itu, Mercedes juga membekali sistem hiburan F 015 dengan navigasi gesture, menjadikan kabin F 015 sebagai kamar bersantai serba digital.

Di awal artikel ini, saya sempat menyebutkan bagaimana mobil mewah dapat membuat penumpangnya betah berlama-lama, namun bagaimana jika mobil itu sendiri tidak mampu berjalan berlama-lama alias kehabisan bahan bakar? Untuk mengatasi masalah ini, Mercedes telah menyiapkan solusi yang amat jitu.

 

Informasi menarik: Samsung Galaxy A7, Varian Tertinggi A Series Resmi Diumumkan

 

F 015 menggunakan kombinasi motor elektrik bertenaga baterai dan teknologi fuel cell. Kombinasi ini diklaim mampu membawa F 015 hingga 1.100 kilometer jauhnya, yang artinya Anda bisa melakukan perjalanan dari Surabaya ke Jakarta dan masih menyisakan bahan bakar. Lebih hebatnya lagi, tidak ada emisi yang dihasilkan mengingat mobil ini bergerak murni dengan tenaga listrik.

Hingga saat ini belum ada rencana mengenai produksi F 015 Luxury in Motion secara massal. Gabungan mobil super mewah dan lounge berjalan ini kemungkinan besar tidak akan hadir dalam satu atau dua tahun ke depan. Harga jualnya juga belum bisa dipastikan, namun saya cukup yakin mobil ini akan menjadi mobil termahal yang pernah digarap Mercedes-Benz.

Sumber: Mercedes-Benz. Via: BBC. Sumber gambar: Daimler.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter