1. Startup

Mobile App Store dari Opera

Opera kini menyediakan layanan toko aplikasi bagi para pengguna perangkat bergerak yang ingin membeli atau menikmati berbagai aplikasi langsung ke ponsel mereka. Opera Mobile Store ini bisa diakses dari peramban Opera untuk perangkat bergerak, Opera Mini dan Opera Mobile.

Toko aplikasi ini disediakan bagi platform Android, Symbian, BlackBerry, Palm, Windows Mobile dan Java. Seperti yang dituliskan GigaOm toko aplikasi ini dijalankan dengan dukungan Appia (sebelumnya bernama Pocketgear) yang menyediakan white label app store yang disediakan bagi perusahaan lain. Appia kini mendukung Opera untuk menyediakan Opera Mobile Store bagi pengguna Opera untuk mengunduh berbagai aplikasi, baik yang gratisan maupun berbayar.

Opera akan menampilkan tautan untuk toko aplikasi ini di halaman awal (speed dial link), ketika pengguna membuka pertama kali peramban Opera di perangkat bergerak mereka. Opera Mobile Store ini juga akan terpersonilasi bagi masing-masing pengguna, seperti bahasa dan mata uang, pengguna juga bisa memilih berbagai peranti yang disediakan dalam daftar toko aplikasi ini untuk menyesuaikan aplikasi mana yang bisa diunduh.

Meski tidak bisa mengunduh aplikasi, saya sendiri mencoba mengakses tautan mobilestore.opera.com dari iPhone untuk melihat tampilan dan daftar aplikasi yang tersedia. Toko aplikasi ini juga akan menyediakan berbagai menu untuk memudahkan memilih aplikasi, seperti aplikasi yang diunggulkan, aplikasi terbaru, daftar aplikasi gratis, top 50, atau mencari aplikasi berdasarkan kategori. Saat saya mengakses toko aplikasi ini, secara otomatis tampilan juga terpersonilasi, dengan bahasa Indonesia, dan mata uang juga menggunakan Rupiah.

Dengan dukungan Appia untuk Mobile Store, Opera akan memiliki 140.000 aplikasi dari Appia untuk berbagai platform yang bisa ditawarkan bagi para pengguna Opera. Saat melakukan uji untuk Opera Mobile Store, Opera juga mengatakan bahwa pada bulan Februari toko aplikasi ini telah menarik 15 juta pengguna dengan jumlah unduhan lebih dari 700.000 per hari.

Fasilitas ini bisa menjadi menarik bagi para pengguna Opera, yang telah mencapai lebih dari 100 juta pengguna (gabungan pengguna Opera Mini dan Opera Mobile), semua open mobile platform juga disediakan yang menjadikan pangsa pasar menjadi semakin luas, meski tentu saya persaingan semakin ketat, toko aplikasi ada dimana-mana, termasuk GetJar yang baru-baru ini mendapatkan tambahan dana untuk melakukan inovasi dan memperkuat cakupan pasar mereka.

Untuk dukungan pengembang, Opera juga menyediakan halaman khusus bagi para developer untuk mendistribusikan aplikasi ke pangsa pasar yang dimiliki Opera, dengan iming-iming pembagian pendapatan sebesar 70% bagi pengembang. Untuk akses Opera Mobile Store bisa di cek di tautan mobilestore.opera.com sedangkan informasi bagi pengembang pada tautan ini.

Sumber: GigaOm.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again