Categories

Berita

Aplikasi Mobile Banking Telkomsel Hadir, Gaet 24 Mitra Bank

Menggunakan basis menu USSD dan SMS untuk transaksi

Corry Anestia - 13 December 2018

Telkomsel resmi memperkenalkan aplikasi mobile banking (mBanking) untuk 168 juta penggunanya di Indonesia. Aplikasi ini merupakan bentuk baru dari layanan mBanking Telkomsel yang sudah hadir sejak 2008.

Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel Harris Wijaya mengungkapan, layanan ini bertransformasi menjadi aplikasi mengikuti perkembangan pasar, seiring dengan penetrasi smartphone yang semakin tinggi serta gaya hidup digital masyarakat. 

“Maka itu, kami mengubah model layanan dan tampilannya dalam bentuk aplikasi. User interface juga dibuat kekinian sesuai kebutuhan pengguna,” ungkap Harris ditemui di acara peluncurannya, di Jakarta.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna Telkomsel wajib melakukan registrasi ke bank sesuai dengan rekening yang dimilikinya.

Saat ini, Telkomsel telah bermitra dengan 24 bank untuk aplikasi versi Android, sedangkan versi iOS baru ada 18 bank. Aplikasi iOS baru akan hadir di akhir bulan ini.

Adapun, aplikasi ini menggunakan basis menu USSD dan SMS untuk bertransaksi, baik transaksi perbankan maupun transaksi dengan mitra merchant. Misalnya transaksi pembayaran, pembelian pulsa, atau listrik. 

GM Digital Banking Telkomsel Rudy Anto Herlambang menyebutkan, transaksi berbasis SMS dan USSD dipilih karena dinilai lebih unggul dari sisi keamanan. Terlebih, penggunaan SMS dan USSD dapat digunakan di kondisi jaringan apapun.

“Ini tantangan buat kami [saat memilih SMS dan menu USSD]. Buat yang tinggal di area yang jaringan broadband-nya baik, tentu [akses internet] tidak jadi masalah,” ujar Rudy.

“Justru dengan menu USSD, kami ingin tangkap segmen anak muda dan sekaligus membantu lokal yang tidak mengembangkan aplikasi, lebih helpful. Menurut saya, saat ini belum ada aplikasi multi-bank, atau yang menyediakan layanan untuk semua bank,” tambahnya.

Telkomsel mencatat ada 18 juta pengguna yang mendaftar layanan mBanking (sebelum aplikasi), tetapi hanya 10 juta pengguna yang aktif. Rudy menargetkan ada tambahan satu juta pengguna baru yang memakai aplikasi mBanking di 2019. Telkomsel juga berencana menambah enam mitra bank di tahun depan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter