1. Startup

MobilePulsa Sempurnakan Layanan dan Tambahkan Fitur Mobile Shopping

Aplikasi MobilePulsa baru-baru ini melakukan beberapa penyempurnaan dalan layanannya. Selain tampil dengan desain yang lebih segar, kini MobilePulsa memiliki fitur baru yaitu MobileShopping. Melalui fitur tersebut pengguna dapat membeli produk yang tersedia pada aplikasi dengan menggunakan deposit mereka. Aplikasi MobilePulsa, yang lebih dahulu hadir untuk Android, kini sudah mendukung perangkat iOS dengan versi 7.0 ke atas dan dapat di unduh melalui App Store.

Sesuai namanya, aplikasi besutan PT. Indobest Artha Kreasi ini memang bertujuan untuk membantu pengguna smartphone dalam mengisi pulsa. Selain pulsa lokal, MobilePulsa juga mendukung pengisian pulsa internasional untuk Malaysia, Singapura, Filipina, dan Hongkong untuk operator yang berbeda-beda sesuai dengan masing-masing negara. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran lain seperti pengisian token listrik, PDAM, voucher games, bayar tagihan TV kabel, Internet, operator pascabayar, dan yang terbaru pengguna dapat berbelanja pada aplikasi melalui fitur MobileShopping.

Business Development Officer Surya Salim mengatakan, "MobileShopping merupakan fitur terbaru kami, di mana kami bekerja sama dengan beberapa merchant untuk menampilkan berbagai macam produk pada aplikasi kami. Konsumen dimanjakan dengan kemudahan pembelian produk dengan dua langkah yaitu mengisi data pengiriman dan Klik Buy (setelah memilih produk)."

Surya mengakui saat ini mereka masih stok produk sendiri. Namun mereka terbuka untuk merchant yang ingin bekerja sama dengan menerapkan sistem konsinyasi. Bagi merchant yang ingin bergabung dapat menghubungi pihak MobilePulsa secara langsung. Mengenai pengiriman, Surya menjelaskan mereka berusaha untuk mengirimkan produk ke seluruh Indonesia dengan menggunakan jasa pengiriman barang JNE. Saat ini sudah tersedia sekitar 18 poduk yang dapat dibeli melalui aplikasi.

Setiap transaksi yang terjadi pada MobilePulsa menggunakan sistem deposit yang dapat diisi dengan melakukan penyetoran sejumlah saldo melalui transfer pada rekening BCA, BRI, Mandiri ataupun ATM Bersama. Selain itu, MobilePulsa juga telah bekerja sama dengan payment gatewayFirstPay, sehingga semua pembayaran yang dilakukan konsumen FirstPay yang masuk ke MobilePulsa dapat dilihat melalui satu dashboard FirstPay. Sekedar informasi, untuk dukungan FirstPay (Doku) ini baru tersedia melalui akses website MobilePulsa setelah log in melalui akun Anda.

Surya menjelaskan, "Setiap pembelian yang terjadi di MobilePulsa menggunakan sistem deposit. Kami berusaha untuk memberikan kemudahan dalam pengisian deposit. Saat ini kami bekerja sama dengan payment gateway FirstPay. FirstPay mengusung konsep one-stop payment Doku-yang termasuk salah satu fitur FirstPay. Sehingga semua pembayaran yang dilakukan oleh konsumen Doku, virtual account, dan sebagainya yang masuk ke MobilePulsa dapat dilihat melalui satu dashboard FirstPay."

"Deposit ini nantinya dapat digunakan untuk semua transaksi di MobilePulsa seperti beli pulsa, token listrik, pulsa internasional, voucher games, bayar tagihan TV kabel, Internet, operator pascabayar, dan termasuk MobileShopping," tambahnya.

Meskipun sudah melakukan beberapa pembaruan, tak ada aplikasi yang sempurna. Setelah melakukan registrasi, saya tidak mendapatkan pemberitahuan apapun, baik itu melalui pesan singkat ataupun email. Ketika saya mencoba masuk kembali ke aplikasi dan gagal, karena dianggap salah memasukkan password, saya tidak dapat menemukan cara untuk mengetahui password saya. Tautan "Lupa Password" yang terdapat di aplikasi pun tak dapat di akses. Untungnya hal ini terobati dengan tanggapan costumer service yang cukup cepat.

Surya mengungkapkan di tahun 2015 ini MobilePulsa menargetkan capaian 300 ribu pengguna aktif. Mereka juga akan fokus bekerja sama dengan merchants online dan menambah fitur pembayaran yang ada dalam aplikasi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again