Categories

Gadget

Smartwatch Ticwatch Pro Andalkan Layar Ganda Demi Baterai yang Lebih Awet

Layar utamanya OLED, lalu di atasnya ada layar LCD monokrom macam yang sering kita jumpai di arloji digital pada umumnya

Glenn Kaonang - 29 May 2018

Meski belum bisa dibilang tenar, Mobvoi bukanlah nama yang asing di segmen smartwatch. Tahun lalu, mereka resmi menjalani debutnya bersama platform Wear OS (Android Wear) lewat Ticwatch E dan Ticwatch S, keduanya sama-sama ditawarkan dalam harga yang sangat kompetitif.

Baru-baru ini, Mobvoi kembali memperkenalkan smartwatch terbarunya, Ticwatch Pro. Sesuai namanya, jam tangan ini datang dengan seabrek fitur unggulan di samping sebatas memonitor jumlah langkah kaki, katakanlah sensor laju jantung dan NFC untuk membantu memuluskan pembayaran elektronik.

Ticwatch Pro masih menjalankan sistem operasi Wear OS seperti kedua pendahulunya. Namun yang sangat unik adalah kehadiran layar kedua, yang bakal aktif hanya ketika smartwatch sedang tidak digunakan, alias sedang duduk diam di pergelangan tangan. Gunanya apa? Untuk membantu meningkatkan daya tahan baterai perangkat.

Ticwatch Pro dalam posisi idle dan layar LCD yang aktif / Mobvoi

Layar kedua ini merupakan panel FSTN LCD yang transparan, sama seperti yang umum kita jumpai pada jam tangan digital, diposisikan tepat di atas panel OLED yang menjadi layar utamanya. Jadi selagi kita berinteraksi dengan perangkat, yang aktif adalah layar OLED, tapi begitu kita abaikan, maka layar LCD monokrom ini yang akan aktif secara otomatis, menampilkan sejumlah informasi macam denyut jantung dan lain sebagainya.

Ketika jari kita kembali menyentuh layar, maka layar OLED-nya akan kembali aktif. Menurut Mobvoi, metode unik ini memungkinkan Ticwatch Pro untuk beroperasi sampai dua hari nonstop. Pengaruhnya memang tidak banyak, tapi toh implementasinya diyakini tidak akan mengganggu penggunaan sehari-hari.

Ticwatch Pro dalam posisi normal, dengan layar OLED yang aktif beserta Wear OS / Mobvoi

Andai kita membutuhkan daya baterai yang lebih lama lagi, Ticwatch Pro juga menyimpan fitur bernama Essential Mode. Saat fitur ini aktif, Wear OS bakal dimatikan, dan yang menyala hanya layar LCD-nya saja. Sejumlah fitur masih akan aktif, seperti kemampuan memonitor langkah kaki dan laju jantung, tapi tidak untuk notifikasi maupun pembayaran via NFC sebelum Anda mematikan Essential Mode dan kembali ke Wear OS dengan waktu boot up sekitar satu menit.

Mobvoi rencananya bakal menjajakan Ticwatch Pro mulai musim panas ini seharga $300. Ada kemungkinan Mobvoi juga bakal menawarkan varian yang dilengkapi konektivitas LTE.

Sumber: The Verge via Android Central.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter