1 September 2016

by Bambang Winarso

Google Rilis Mode Pencarian Baru, "in Apps" untuk Android

Fitur baru ini dinamai in Apps, hanya dijumpai di aplikasi Google versi Android terbaru

Ingatkah Anda berapa banyak dokumen yang sudah Anda kirim atau terima selama sekian tahun menggunakan smartphone? Atau ingatkah Anda aplikasi apa yang digunakan oleh rekan atau kolega untuk mengirim pesan penting soal hasil meeting bulan lalu? Jawabannya mungkin sama; sudah lupa!

Beruntung Google punya solusi tepat untuk mengatasi permasalah tersebut. Diumumkan di blog resminya, bahwa kini aplikasi Google untuk Android telah memperoleh tambahan kemampuan baru yang disebut in App. Ini adalah mode pencarian yang dirancang untuk mempermudah penemuan informasi di dalam ponsel Android.

Fiturย in Apps mampu menemukan informasi di dalam aplikasi yang terpasang di perangkat. Informasi yang dimaksudkan meliputi pesan teks, nomor ponsel, lagu favorit, daftar to-do, daftar belanja dan jadwal meeting di kalender. Pencarian ini dilakukan langsung di dalam perangkat, yang artinya ia tidak membutuhkan jaringan internet saat digunakan.

Untuk permulaan, fitur in App baru dapat bekerja di sejumlah aplikasi meliputi Gmail, YouTube, dan Spotify. Seiring pengembangannya, fitur ini dipastikan bakal mencakup lebih banyak aplikasi seperti Evernote, Facebook Messenger, Google Keep, Linkedln, Glide dan Todoist.

Fitur ini juga baru bisa dijumpai di perangkat smartphone Android yang menggunakan aplikasi Google versi terbaru pula. Khusus untuk LG V20, fitur in App akan disematkan secara preinstalled yang ditandai dengan adanya shortcut di layar home sejak pertama tiba di tangan pengguna.