1. Lifestyle

Mojang Sedang Membuat Versi Petualangan Minecraft

Salah satu dari banyak faktor penyebab Minecraft begitu disukai adalah pada dasarnya ia memberikan rasa asik serupa ketika kita bermain Lego. Minecraft terbukti jauh lebih ekonomis, dengan jumlah 'balok' serta ruang berkreasi tidak terbatas. Tapi apa yang terjadi seandainya Minecraft dibubuhi narasi dan jalan cerita layaknya game petualangan?

Selama ini Minecraft selalu fokus pada wilayah kreatif dan keterbukaan dunia game, memungkinkan pemain merealisasikan ide-ide gila. Namun berdasarkan pengumuman terkini dari Mojang, sebuah judul Minecraft baru malah dirancang agar menitikberatkan pada narasi dan petualangan ketimbang segi bangun-membangun. Bersama developer independen Telltale Games, Mojang mengungkap Minecraft: Story Mode.

Bagi penggemar mode klasik Minecraft yang tidak ingin permainan ini berubah, Anda tak perlu cemas, Minecraft: Story Mode merupakan satu judul terpisah. Game menyuguhkan formula tak jauh berbeda dari beberapa permainan besutan Telltale, contohnya Sam & Max, Monkey Island, The Wolf Among Us serta judul terbaru mereka, Game of Thrones.

Telltale Games memang familiar melakukan kerjasama dengan banyak publisher, rumah produksi dan pemilik franchise untuk menciptakan karya digital hasil iterasi mereka sendiri. Telltale juga berjasa mengekspansi jagad seri permainan yang sudah dibuat, misalnya Borderlands melalui Tales From Borderlands. Tapi pertanyaan terbesarnya ialah, bagaimana cara mereka menterjemahkan gameplay open-world ke genre petualangan berbasis narasi?

 

Info menarik: Minecraft Akhirnya Tiba di Windows Phone

 

Alasan Mojang meracik Minecraft: Story Mode tak lepas dari permintaan besar para fans terhadap kisah fiksi lain yang di-setting di dunia Minecraft. Mojang menyampaikan kabar tersebut dengan cara sangat unik. Mereka melepas game browser bernama Info Quest II, sebetulnya ialah sebuah press release interaktif.

"Orang-orang gemar berinteraksi dengan dunia [Minecraft], entah apakah mereka membangun, bertualang, atau bermain sebagai pembantai Creeper," tulis Mojang dalam Info Quest II. "Bagian tersulitnya adalah mencari cara untuk menelusuri segi cerita tanpa merusak kesan fans pada Minecraft." Developer menjelaskan bahwa apa yang mereka sajikan di sana bukanlah cerita 'resmi' karakter kesayangan kita semua, Steve.

Seperti hampir seluruh permainan Telltale Games, Minecraft: Story Mode akan dirilis beberapa kali dalam bentuk episode bersambung. Seri pertama rencananya dilepas tahun depan untuk PC, console PlayStation, Xbox, serta platform Mac, iOS dan device-device berbasis Android.

Sumber: Mojang. Via IGN.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again