1. Startup

MOL Global (Malaysia) Kembali Bergerak, Kini Kerjasama Dengan Facebook

MOL Global yang beberapa waktu lalu membeli Friendster, kini menjalin kerjasama dengan Facebook sebagai payment provider dari salah satu layanan Facebook yaitu Facebook Credits.

Seperti yang dituliskan dalam press release mereka, MOL Global mengatakan bahwa kerjasama strategis ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna dari Asia untuk membeli berbagai barang virtual yang terdapat di layanan permainan atau aplikasi di Facebook.

Seperti yang dituliskan TheNextWeb, Facebook Credits merupakan sistem pembayaran dari Facebook yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran mikro atau pembayaran dalam jumlah kecil yang bisa menjadi alternatif pembayaran dari berbagai layanan Facebook tanpa menggunakan kartu kredit.

Dengan kerjasama ini, pengguna Facebook akan dimudahkan dalam membeli Credits dengan menggunakan MOLPoints di situs Facebook, atau di situs MOL sendiri.

Kerjasama ini tentu saja juga berpengaruh bagi Indonesia, terutama pengguna Facebook yang senang 'jajan' barang virtual di Facebook, karena MOL sendiri telah memiliki sekitar 5.000 outlet yang tersebar di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, India, Australia and New Zealand dan tentu saja di Indonesia.

MOL juga mengatakan bahwa telah terjadi pertumbuhan yang pesat dari jumlah dan besar total transaksi yang ada dilayanan mereka, dan kerjasama ini tentu saja akan menguntungkan kedua belah pihak, MOL menjadi salah satu pemimpin penyedia sistem pembayaran bagi social network di Asia, dan Facebook, yang notabene mendapatkan banyak pengguna dari Asia bisa memberikan kemudahan bagi pengguna mereka untuk melakukan pembayaran lewat fasilitas Facebook Credit, dan tentu saja meningkatkan pendapatan mereka.

Untuk channels MOL di Indoensia ada sekitar 7, yaitu GudangVoucher.com, i-Pay, Oke Shop, PayPal, Western Union, Wire Transfer serta MoneyGram.

Kemudahan yang diberikan MOL bagi pengguna Indonesia yang sampai kini masih memilih untuk menggunakan offline prepaidcards alih-alih credit cards, bisa jadi akan menambah lagi jumlah transaksi, contoh kemudahan yang bisa didapat misalnya saja pengguna bisa melakukan reload MOLPoints di gerai Oke Shop, yang dengan mudah ditemukan diberbagai mall di Indonesia, dengan pilihan harga, Rp 20.000, Rp 50.000 atau Rp 100.000 yang kemudian bisa digunakan membeli barang virtual di Facebook lewat Facebook Credits. Tentu saja reload MOLPoints ini bisa dilakukan setelah pengguna mempunyai akun di MOL.

Meskipun, bersamaan dengan kerjasama MOL dan Facebook ini, ternyata Facebook menutup layanan Gift Shop, yang tentu saja menutup salah satu 'jalur' belanja virtual mereka.

Kita lihat perkembangan selanjutnya dari kerjasama ini, terutama respon pengguna dari Indonesia, apakah akan ada pertumbuhan yang signifikan dari kerjasama MOL dan Facebook ini atau tidak. Dan tentu saja, kita juga bisa menanti perkembangan selanjutnya dari Facebook Credits.

Bagi anda yang tertarik untuk melihat press release dari lengkap MOL, bisa dilihat di situs MOL di linkini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again