7 April 2016

by Glenn Kaonang

Moleskine Smart Writing Set Ubah Catatan dan Sketsa Fisik Menjadi Digital dalam Sekejap

Corat-coret di atas kertas, lalu edit dan bagikan hasilnya dalam versi digital di smartphone

Di saat perangkat macam Samsung Galaxy Note, Apple iPad Pro dan Microsoft Surface hadir bersama stylus yang menawarkan kenyamanan menulis tangan sekaligus menggambar, menggunakan bolpen dan kertas fisik masih menjadi pilihan banyak orang karena feel-nya yang terasa alami dan tidak tergantikan. Hal ini sekaligus menjadi alasan mengapa perusahaan seperti Moleskine masih terus menikmati kesuksesan hingga kini, bukannya bangkrut ditelan kemajuan teknologi digital.

Namun teknologi digital memang punya kelebihannya tersendiri, yakni dalam hal arsip-mengarsip, dimana catatan maupun sketsa digital mudah sekali disimpan lalu dibagikan ke orang lain. Moleskine sendiri sadar akan pentingnya hal ini, dan mereka memperkenalkan sebuah solusi anyar bernama Moleskine Smart Writing Set.

Smart Writing Set terdiri dari tiga komponen: bolpen, buku dan aplikasi mobile. Bolpennya yang bernama Pen+ ini istimewa bukan hanya karena rangkanya terbuat dari aluminium saja, tetapi ia juga dilengkapi sebuah kamera tersembunyi yang bertindak sebagai digitizer terhadap semua yang pengguna tulis atau gambar di atas kertas.

Bukunya sendiri tidak sembarangan. Dijuluki Paper Tablet, buku catatan ini punya kertas bertekstur khusus yang dirancang untuk menjadi alas corat-coret sebelum akhirnya dikonversi menjadi format digital. Terakhir, aplikasi Moleskine Notes App menjadi pusat penyimpanan catatan dan sketsa fisik yang telah diubah menjadi versi digital.

Cara kerja Smart Writing Set secara keseluruhan sangat sederhana. Pengguna hanya perlu menyambungkan Pen+ ke smartphone lewat Bluetooth, lalu mulai menulis atau menggambar di atas Paper Tablet. Selagi pengguna mencorat-coret, hasilnya akan muncul dalam versi digital di Notes App secara real-time.

Pada tiap-tiap lembar Paper Tablet, di ujung kanan atasnya terdapat sebuah simbol surat. Sentuh simbol itu menggunakan Pen+, maka catatan atau sketsa yang dibuat tadi langsung siap dikirim versi digitalnya ke orang lain melalui Notes App. Sinkronisasi dunia analog dan digital inilah yang sejatinya menjadi nilai jual utama Smart Writing Set.

Catatan atau sketsa digital yang tersimpan di Notes App ternyata masih bisa ditindak lanjuti. Pengguna bisa mengeditnya dengan leluasa, seperti menambahkan warna-warna, atau sekadar membuatkan transkrip teks dari tulisan tangannya.

Pen+ dan Paper Tablet sebenarnya juga bisa berfungsi layaknya bolpen dan buku catatan biasa, tidak perlu harus tersambung ke smartphone. Pen+ sendiri dilengkapi komponen memori yang sanggup menyimpan hingga 1.000 lembar konten. Saat pengguna menyambungkannya ke smartphone, semua catatan atau sketsa yang dibuat selagi offline tadi akan langsung dibuatkan versi digitalnya.

Smart Writing Set saat ini sudah dipasarkan seharga $199. Seandainya buku sudah penuh, pengguna tinggal membeli Paper Tablet tambahan secara terpisah seharga $30.

Sumber: Moleskine via The Verge.