28 January 2015

by Glenn Kaonang

Moment Case, Casing Keren untuk Para iPhoneographer

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan kamera smartphone membawa dampak yang besar pada industri fotografi. Tahun demi tahun, hasil foto kamera milik smartphone semakin menakjubkan. Bahkan lima kamera terpopuler di situs berbagi foto Flickr merupakan smartphone, bukan DSLR ataupun kamera mirrorless.

Meski demikian, masih ada aspek yang belum bisa ditandingi dari kamera DSLR atau mirrorless oleh smartphone, yaitu pengoperasian. Mengambil foto menggunakan kamera tradisional masih dirasa lebih nyaman ketimbang menggunakan smartphone berkat kehadiran tombol-tombol fisik yang lebih mudah dinavigasikan.

Salah satu tombol fisik yang paling signifikan perannya adalah tombol shutter. Beberapa smartphone terkini memang sudah dilengkapi tombol shutter, seperti salah satunya Sony Xperia Z3. Namun smartphone lain yang juga populer digunakan sebagai kamera, iPhone 6 khususnya, masih harus mengandalkan layar sentuh untuk tugas mengambil foto.

Sebuah casing bernama Moment Case muncul di situs crowdfunding Kickstarter. Casing ini dirancang khusus bagi fotografer yang memercayakan iPhone 6 sebagai kamera andalannya.

 

Info menarik: Trick Cover, Casing iPhone 6 Pilihan Bruce Lee dan Michelangelo

 

Keunggulan utama Moment Case terletak pada kehadiran tombol shutter fisik. Tombol ini berfungsi layaknya tombol shutter milik kamera tradisional, dimana penggunanya dapat menekan setengah untuk mengunci fokus dan exposure, lalu menekan sepenuhnya untuk mengambil gambar. Mode burst akan otomatis aktif kala penggunanya menekan dan menahan tombol shutter tersebut.

Keunikan tombol shutter milik Moment Case ini adalah cara kerjanya yang elektronik. Moment Case memanfaatkan konektivitas Bluetooth LE (low energy) sebagai jembatan komunikasi antara tombol shutter-nya dan aplikasi kamera Moment App di iPhone 6 sehingga responsivitasnya dapat terjaga.

Selain tombol shutter, Moment Case juga menghadirkan sebuah mount untuk memasangkan aksesori lensa. Tidak sembarang lensa bisa digunakan, melainkan lensa milik Moment sendiri yang juga lahir di Kickstarter.

Sepintas eksklusivitas ini terdengar kurang menarik, akan tetapi Moment Case dapat mendeteksi secara otomatis ketika Anda memasangkan lensa Moment Tele atau Moment Wide di tubuhnya. Selanjutnya, Moment App dapat menampilkan fitur-fitur tertentu yang telah dioptimalkan untuk masing-masing lensa tersebut.

 

Info menarik: ExoDrive Adalah Casing dengan Slot microSD untuk Smartphone Android

 

Fisik Moment Case sendiri tampak menarik. Di belakangnya terdapat bagian menonjol yang berfungsi sebagai grip, sama seperti milik kamera tradisional. Moment Case juga dilengkapi dengan pengait aluminium untuk mengikatkan berbagai macam strap. Di sebelah tombol shutter-nya, terdapat lampu LED kecil yang akan menyala saat Moment Case telah terhubung via Bluetooth.

Moment Case terbuat dari bahan plastik polycarbonate. Body-nya cukup tipis, hanya 9,93 mm dan 14,76 mm pada bagian grip-nya, dengan bobot 46 gram. Casing ini menggunakan baterai kancing yang biasa digunakan oleh arloji, dan dapat bertahan hingga enam bulan.

Sejauh ini, Moment Case hanya tersedia untuk iPhone 6. Varian iPhone 6 Plus akan menyusul saat proyek ini terbukti berhasil, diikuti oleh varian smartphone-smartphone populer lainnya.

Pledge terendah yang ditawarkan untuk satu unit Moment Case adalah $49 (Rp 620 ribu). Harga tersebut akan naik menjadi $79 (Rp 1 juta) saat masa kampanye penggalangan dananya di Kickstarter berakhir. Moment melayani pemesanan internasional – dengan biaya pengiriman ekstra tentunya.

Sumber: Kickstarter via The Verge.