4 November 2020

by Glenn Kaonang

Moment Luncurkan Deretan Aksesori MagSafe untuk iPhone 12

Dari dudukan AC sampai dudukan tripod, lengkap bersama cold shoe

Pengguna lama MacBook pastinya sudah tidak asing dengan istilah MagSafe. Jenis konektor magnetis ini telah dipakai sebagai charger berbagai model MacBook sejak tahun 2006, sebelum akhirnya digantikan oleh konektor USB-C biasa pada deretan MacBook generasi terbaru.

Namun Apple rupanya belum lupa dengan MagSafe. Seperti yang sudah kita ketahui, MagSafe telah berevolusi menjadi teknologi wireless charging pada iPhone 12, memberikan kemudahan supaya pengguna tidak perlu repot mengepaskan posisi iPhone ketika hendak mengisi ulang baterainya secara nirkabel.

Lebih lanjut, MagSafe juga membuka peluang akan lahirnya kategori aksesori baru yang mengunggulkan sambungan magnetis. Jadi selain charger dan casing MagSafe, sekarang juga ada beragam aksesori kamera MagSafe, seperti yang diluncurkan Moment baru-baru ini.

Koleksi aksesori MagSafe besutan Moment ini cukup bervariasi, dari yang sesimpel dudukan untuk AC mobil, sampai dudukan tripod maupun yang bisa ditambahi aksesori lain macam LED flash atau mikrofon (cold shoe). Jadi ketimbang memanfaatkan mekanisme tradisional macam penjepit (clamp), semua aksesori ini bisa langsung menempel ke punggung iPhone 12.

Normalnya, konsumen pasti langsung bertanya-tanya apakah magnetnya cukup kuat untuk menggotong iPhone selagi, misalnya, terpasang pada tripod. Moment bilang bahwa mereka menggunakan susunan magnet khusus yang mampu menghasilkan medan magnet yang sangat kuat.

Perkara magnet ini memang bisa dibilang agak kompleks. Kalau terlalu kuat/erat, aksesorinya mungkin bakal sulit dilepas sehingga terkesan kurang praktis. Di sisi lain, kalau magnetnya kurang melekat, aksesorinya tentu bakal mudah terlepas, dan ini jelas tidak ideal untuk aksesori seperti dudukan AC mobil tadi.

Moment bilang aksesori MagSafe-nya ini bisa dipasangkan meski iPhone 12-nya dibalut casing. Mereka tidak lupa menyertakan lapisan empuk di setiap permukaan magnet sehingga konsumen tak perlu khawatir punggung iPhone-nya mudah lecet apabila berniat menggunakan aksesori-aksesori ini tanpa bantuan casing.

Harga aksesori MagSafe besutan Moment ini bervariasi, dari $20 untuk aksesori seperti wall mount, sampai $50 untuk dudukan tripod sekaligus cold shoe.