14 November 2018

by Glenn Kaonang

Lensa Telefoto Baru Moment Bisa Menjadi Obat Atas Kelemahan Pixel 3 dalam Hal Zooming

Juga kompatibel dengan berbagai model iPhone dan Galaxy S serta Note

Dari sekian banyak review Google Pixel 3 yang ada di internet, bisa kita simpulkan bahwa Google sekali lagi berhasil memimpin di bidang fotografi smartphone. Teknik computational photography yang mereka terapkan, dipadukan dengan hardware yang mumpuni, terbukti sanggup menghasilkan foto demi foto yang begitu menawan.

Satu-satunya kelemahan kamera Pixel 3 dan Pixel 3 XL adalah perihal zooming. Google memang punya teknik digital zoom yang lebih efektif dari biasanya, akan tetapi hasilnya tetap kalah bagus dibanding smartphone berkamera ganda yang memang dilengkapi lensa telefoto.

Umumnya, lensa telefoto memang lebih jarang digunakan pada smartphone berkamera ganda. Untuk itu, solusi yang lebih ideal mungkin adalah lensa clip-on, seperti keluaran terbaru dari Moment berikut ini.

Lensa ini memiliki focal length 58mm. Untuk Pixel 3, ini berarti ia bisa menghadirkan 2x optical zoom; sedangkan untuk ponsel yang sudah dilengkapi kamera telefoto macam iPhone XS atau Galaxy S9, lensa ini mampu memberikan 4x optical zoom (setara focal length 120mm) ketika digunakan bersama aplikasi kamera buatan Moment sendiri.

Dibandingkan lensa telefoto generasi pertama Moment, lensa baru ini diklaim bisa menangkap gambar yang lebih tajam dan lebih terang berkat struktur enam elemen. Klaim serupa juga diutarakan Olloclip baru-baru ini melalui lensa barunya.

Seperti yang saya bilang, lensa ini kompatibel dengan lini Pixel, iPhone maupun Galaxy S dan Note, tapi harus dengan bantuan Photo Case bikinan Moment yang dijual secara terpisah. Bagi yang tertarik, Moment sekarang sudah memasarkan lensa Tele 58mm seharga $100.

Sumber: The Verge.