1. Startup

Monetization Terbaru Ala SlideShare

SlideShare merupakan salah satu komunitas sharing presentations paling besar yang ada di dunia internet. Situs ini merupakan situs yang memungkinkan user untuk mengupload slide presentasi, dokumen dan pdf. Proses viral adalah salah satu keunggulan situs ini yang memungkinkan konten yang kita upload tersebar lewat blog, social network seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn dan tentu saja tersebar ke komunitas SlideShare yang besar.

Dengan komunitasnya yang besar, termasuk pertumbuhan monthly visitors sebanyak 25 million, situs ini merupakan salah satu situs yang berguna bagi pemilik konten maupun pembaca konten, saya sendiri termasuk salah satu penggemar situs ini, karena bisa mendapatkan berbagai informasi yang berguna dan berbobot, termasuk bahan-bahan social media maupun konten ilmiah.

Seperti yang ditulis ReadWriteWeb, SlideShare meluncurkan sebuah program yang merupakan salah satu program yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan. Fitur baru dari SlideShare ini adalah custom channels untuk kalangan bisnis. SlideShare menyediakan microsite yang memungkinkan para pemilik bisnis atau brand untuk mengupload dan membuat showcase presentasi mereka, whitepapers, e-books, serta webinars yang ditujukan untuk kalangan profesional.

SlideShare menjelaskan bahwa fitur ini akan memberikan paluang bagi pemilik brand untuk men-drive trafic pada situs mereka dan atau melakukan pengukuran atas hasil bisnis mereka. Dengan komunitas yang besar, SlideShare menawarkan interaksi yang masif ini bagi para pemilik brand untuk juga mengarahkan audience ini ke microsite yang bisa dikustomisasi oleh pemilik brand dengan, tentu saja ciri-ciri keunikan tersediri yang mencirikan brand pemilik microsite tersebut.

SlideShare Branded Channels ini merupakan pelangkap dari 2 produk lain dari SlideShare yang bertujuan untuk strategi monetization mereka, dua produk lainnya yaitu AdShare dan LeadShare, masih seperti yang ditulis ReadWriteWeb, channels baru dari SlideShare ini masih diperuntukan bagi kalangan bisnis skala besar, belum jelas juga apakah user umum atau kalangan bisnis yang lebih kecil nantinya akan diberikan fitur serupa atau memang ini hanya ditujukan untuk kalangan bisnis besar saja.

Entah anda, tapi saya sendiri tidak berkeberatan dengan adanya channels khusus untuk para pemilik merek dan perusahaan besar seperti Microsoft, McGraw-Hill, Ogilvy PR 360 Digital, sampai White House untuk membuat microsite mereka di SlideShare, selama akses untuk berbagai konten, seperti presentasi atau slide dari perusahaan besar ini bisa diakses secara gratis, lagi pula ini merupakan salah satu ide monetization yang cukup pas, mengingat kelebihan SlideShare yang terletak pada komunitasnya yang besar, sehingga mengajak para brand untuk masuk, dengan membayar sejumlah tertentu adalah program yang bisa melengkapi strategi SlideShare selain mendapatkan pemasukan dari iklan.

Saya mencoba mengunjungi microsite yang ada, salah satunya Microsoft, tampilannya memang sangat biasa, bisa jadi karena tampilan standar yang diberikan oleh SlideShare, tapi pembagian konten cukup menarik, topik dibagi menjadi beberapa bagian, terdapat juga video, aktivitas para pengunjung, link keberbagai social networking dan tentu saja iklan, tidak berbeda dengan microsite McGraw-Hill, perbedaan mencolok hanya ada di warna dasar, Microsoft putih, sedangkan McGraw-Hill dominan merah, sesuai dengan logo mereka.

Anda bisa melihat daftar microsite branded user dari SlideShare di link ini, dan jangan lupa setelah berkunjung ke situs SlideShare, anda bisa share pendapat anda tenang cara SlideShare mendapatkan revenue ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again