11 June 2015

by Glenn Kaonang

Monitor 4K LG 27MU67 Diciptakan Khusus untuk Para Gamer

Saat Nvidia mengumumkan kehadiran kartu grafis GeForce GTX 980 Ti di akhir bulan Mei kemarin, bisa disimpulkan bahwa industri gaming tampaknya tengah berkonsentrasi pada 4K gaming. Mesin pengolah grafiknya sudah ada, bagaimana dengan mesin penyajinya, alias monitor?

Monitor 4K sendiri sebenarnya sudah ada cukup lama, tapi masih jarang yang benar-benar didedikasikan untuk komunitas gaming – kebanyakan menarget kaum desainer maupun videografer profesional. LG adalah salah satu pabrikan pertama yang menghadirkan monitor 4K untuk kebutuhan gaming.

Lini monitor LG 4K Ultra HD, dimulai oleh model LG 27MU67, adalah monitor 4K yang diciptakan khusus untuk para gamer. Memiliki bentang layar 26,3 inci dan panel IPS beresolusi 3840 x 2160, monitor ini juga dibekali fitur spesial untuk memaksimalkan kegiatan bermain, yaitu kompatibilitas dengan teknologi AMD FreeSync.

Pada dasarnya, teknologi FreeSync ini akan menghilangkan problem image-tearing yang cukup sering dialami para gamer, dengan catatan Anda memakai kartu grafis AMD yang kompatibel. Sebagai informasi, tearing adalah problem dimana performa cepat kartu grafis tak bisa diimbangi oleh refresh rate milik monitor.

Info menarik: Summer Sale 2015 Dimulai, GOG Bagi-Bagi Game Gratis Lagi

Fitur spesifik untuk gaming lainnya disebut dengan istilah Black Stabilizer. Fitur ini akan sedikit meningkatkan tingkat kecerahan dari area-area yang gelap saat memainkan game. Kemudian fitur Flicker Safe turut dihadirkan sehingga mata para gamer tidak cepat lelah meski tengah menamatkan The Witcher 3 seharian – satu hal yang hampir mustahil.

Dari segi monitor secara umum, panel IPS milik LG 27MU67 diklaim sanggup menyajikan lebih dari 99 persen spektrum warna sRGB. Gampangnya, reproduksi warna monitor ini dijamin sangat akurat. Port HDMI 2.0 ikut hadir mengikuti standar terbaru, akan tetapi kalau Anda ingin memanfaatkan AMD FreeSync, Anda harus menggunakan sambungan DisplayPort.

Kemudian yang tak kalah menarik adalah fitur Screen Split, dimana 2 - 4 window dapat ditempatkan bersebelahan secara otomatis hingga memenuhi layar. Fitur ini jelas sangat bermanfaat bagi mereka yang menggunakan PC-nya untuk bekerja sekaligus bermain, seperti saya sendiri atau Yoga Wisesa misalnya.

LG 27MU67 awalnya akan dipasarkan di Amerika Serikat terlebih dahulu, dengan banderol harga $600, lalu menyusul ke negara-negara lainnya.

Sumber: PR Newswire via Geeky Gadgets.