16 November 2016

by Glenn Kaonang

BenQ Luncurkan Monitor Khusus eSport

Andalkan panel 24,5 inci dengan refresh rate hingga 240 Hz

Pesatnya perkembangan tren esport memaksa produsen untuk mengembangkan perangkat yang sanggup memenuhi tuntutan tinggi para gamer profesional. Belakangan ini Anda bisa menjumpai sejumlah gaming mouse atau keyboard yang dirancang secara spesifik untuk atlet esport. Di saat yang sama, BenQ menilai fokus serupa juga dibutuhkan pada kategori monitor.

Alhasil, lahirlah BenQ ZOWIE XL2450, monitor yang diklaim dirancang secara khusus untuk esport. Fitur utama monitor ini adalah dukungan refresh rate hingga 240 Hz, sangat ideal untuk dipakai bermain game dengan tempo cepat, seperti CS:GO misalnya.

Monitor ini memiliki panel TN 24,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel – sayang bukan 1440p. Spesifikasi lainnya mencakup rasio kontras 1000:1 dan tingkat kecerahan maksimum 400 nit, lebih tinggi dari monitor lain yang menggunakan panel TN.

BenQ Zowie XL2450 datang bersama controller untuk mengatur profil display dengan cepat / BenQ

Fitur pendukung lain yang tersedia meliputi Black eQualizer yang pada dasarnya dapat meningkatkan tingkat kecerahan pada area gelap tanpa membuat area yang sudah terang jadi terlalu silau. Kemudian ada juga opsi untuk meningkatkan kepekatan warna dengan cepat. Semua ini bisa diatur dengan controller eksternal yang termasuk dalam paket penjualan monitor.

Perihal konektivitas, ZOWIE XL2540 mengemas port HDMI, DVI-DL, DisplayPort 1.2, plus tiga port USB. Hal lain yang tak kalah menarik terdapat di sisi kiri dan kanan monitor. BenQ mengklaim komponen ini bisa membantu para gamer jadi lebih fokus dengan apa yang ada di hadapannya.

Sayangnya sejauh ini BenQ belum mengungkapkan informasi soal harga maupun ketersediaannya. Semoga harganya cukup terjangkau, mengingat monitor ini tidak mengemas teknologi Nvidia G-Sync maupun AMD FreeSync yang semakin populer belakangan ini.

Sumber: AnandTech.