15 January 2019

by Glenn Kaonang

Razer Ungkap Monitor Gaming Perdananya, Razer Raptor

Usung spesifikasi yang mumpuni dalam kemasan yang elegan

Tahun demi tahun, portofolio produk Razer terus menyebar ke banyak kategori. Untuk tahun ini, mereka bakal menjalani debut perdananya di segmen monitor gaming lewat perangkat bernama Razer Raptor.

Seperti halnya produk Razer lain, desain selalu menjadi salah satu aspek yang diprioritaskan. Ini juga berlaku untuk Raptor meskipun ia hanya sebatas monitor, seperti yang bisa kita lihat dari bezel layarnya yang begitu tipis di angka 2,3 mm. Lebih lanjut, bagian dasarnya terbuat dari material aluminium yang kokoh, lengkap dengan balutan kain di belakang demi menambah kesan elegan.

Bagian belakangnya ini juga layak mendapat sorotan ekstra. Semua inputnya disejajarkan dan tampak tertata rapi, dan Razer pun tidak lupa menyertakan kabel-kabel pendukung dengan warna hijau khas brand-nya. Berhubung ini Razer yang kita bicarakan, selalu ada tempat untuk sistem pencahayaan RGB yang bisa dikustomisasi sesuka hati.

Sebagai monitor gaming, spesifikasi Raptor tidak mengecewakan: panel IPS 27 inci dengan resolusi 2560 x 1440 pixel, refresh rate 144 Hz, response time 1 - 7 milidetik, dan dukungan HDR beserta 95% spektrum warna DCI-P3. Terkait fitur adaptive sync, Raptor mendukung AMD FreeSync, bukan Nvidia G-Sync.

Input yang dimiliki Raptor juga melimpah: HDMI, DisplayPort, USB-C, dan sepasang port USB-A 3.1. Sejauh ini Razer memang belum memiliki jadwal pemasaran yang pasti untuk Raptor, akan tetapi banderol harganya sudah ditetapkan di angka $700, nominal yang cukup premium untuk suatu monitor gaming.

Sumber: Razer.