3 January 2015

by Oki Rosgani

Montblanc Hadirkan Tali Jam Sekaligus Gelang Pintar

Montblanc, salah satu perusahaan yang sebelumnya kita kenal sebagai produsen ballpoint dan jam tangan mewah, baru saja membuat inovasi menarik. Perusahaan ini menghadirkan produk tali jam yang juga bisa berfungsi sebagai gelang pintar atau smartband.

Produk yang diberi nama sebagai Montblanc e-Strap itu disertakan secara opsional pada produk jam tangan Montblanc Timewalker Urban Speed collection. Sama seperti halnya perangkat wearable lainnya, tali jam tangan pintar tersebut memiliki layar mini anti gores yang dapat menampilkan pesan notifikasi dari smartphone yang dipasangkan kepada perangkat ini.

Perangkat jam tangan seri  Montblanc Timewalker Urban Speed collection itu sendiri merupakan jam tangan analog, namun dengan tambahan modul elektronik yang disematkan pada bagian talinya (atau yang disebut e-Strap), membuat jam tangan ini bisa digunakan layaknya sebuah smartwatch atau jam tangan pintar.

Seperti yang dikutip dari Ablogtowatch, pihak Montblanc telah merancang tali ini di Florence, Italia dimana modul elektroniknya dibuat dengan pelapis berbahan DLC (diamond-like carbon). Bahan DLC ini juga banyak digunakan oleh produsen jam tangan lainnya karena merupakan bahan pelapis berkualitas yang mampu menangkis abrasi atau terkikisnya bagian jam tangan yang disebabkan oleh keringat penggunanya. Pihak Montblanc telah menyediakan peragkat ini dengan berbagai macam ukuran dan warna yang siap dipilih.

 

Info menarik: Zano Ialah Drone Portable Sebesar Telapak Tangan

 

Pembuatan perangkat ini tentu bukan tanpa alasan, masih dikutip dari sumber yang sama, dijelaskan bahwa para pecinta jam tangan mewah saat ini tidak ingin melepaskan prestise yang mereka inginkan dengan beralih ke perangkat jam tangan pintar (smartwatch) - yang kebanyakan produknya saat ini memang tidak masuk dalam perangkat jam tangan mewah. Latar belakang ini menjadi salah satu alasan Montblanc membuat solusi cerdas untuk mengemas perangkat smartband yang bisa dipadukan pada perangkat jam tangan premium.

Modul elektronik e-Strap memiliki layar OLED berukuran 0.9 dengan resolusi 128 x 36 piksel, dengannya pengguna dapat menghubungkan perangkat melalui koneksi Bluetooth dan dapat terintegrasi dengan perangkat smrtphone. Pengguna bisa menggunakan smartband ini untuk menerima dan mengirim panggilan, menerim pesan notifikasi semua jenis pesan termasuk SMS, e-mail, pesan dari media sosial dan juga notifikasi reminder.

Tidak hanya itu perangkat ini juga dapat berfungsi sebagai pendeteksi kesehatan dan aktivitas penggunanya seperti memeriksa kualitas tidur dan pedometer (penghitung langkah). Aplikasinya tersedia untuk Android dan iOS sehingga pengguna bisa melihat data-data ini dengan mudah.

Sama seperti jam tangan pintar pada umunya, perangkat e-Straps ini juga akan memberikan notifikasi melalui getaran lembut untuk menginformasikan semua yang masuk ke smartphone dan kemudian ditampilkan pada layar mungil yang terdapat pada e-Straps.

Perangkat ini diklaim mampu dioperasikan selama lima hari terus menerus dalam satu kali pengisian baterai, dilengkapi dengan kemampuan anti air dan tahan banting serta tahan goresan, perangkat e-Straps ini akan ditawarkan dengan harga mulai dari $300, sedangkan untuk perangkat jam tangannya sendiri akan dijual dengan harga mulai dari $3000.

 

Info menarik: Intel Indonesia Menatap Cerah Pasar IoT di Tanah Air

 

Ini bukanlah kali pertama bagi Montblanc dalam merilis perangkat teknologi, sebelumnya perusahaan yang memiliki kantor utama di Hamburg, Jerman ini telah bekerja sama dengan Samsung untuk merilis cover kulit premium sebagai aksesoris yang bisa disematkan pada beberapa perangkat tablet dan smartphone Samsung khususny seri Galaxy. Montblanc juga telah membuat stylush premium untuk smartphone Galaxy Note 4, produk tersebut bernama Starwalker yang sebelumnya pernah kami ulas di situs ini.

Sumber Ablogtowatch dan TechCrunch. Gambar: TechCrunch.